• Home
  • Kuansing
  • Semua Perusahaan Diminta Dukung Festival Pacu Jalur

Semua Perusahaan Diminta Dukung Festival Pacu Jalur

Selasa, 31 Juli 2018 | 14:36
Hendrianto
Festival Pacu Jalur Kuansing
TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuantan Singingi, Marwan, mengatakan, Festival Pacu Jalur merupakan budaya sekaligus aset wisata terbesar yang dimiliki Kuansing saat ini. Karena itu, peran serta dukungan dari berbagai kalangan untuk melestarikan dan meningkatkan ajang ini, sangat diperlukan. Khususnya dari seluruh perusahaan yang selama ini beroperasi di Kuansing.

"Agar bisa terus berkembang, kita tentu butuh dukungan dari semua pihak. Khususnya perusahaan yang beroperasi di Kuansing," ujarnya Marwan.

Dikatakan, selama ini partisipasi pihak perusahaan dalam mendukung helat pacu jalur masih terbilang kecil. Marwan menyebutkan PT RAPP yang selama ini terhitung konsisten dalam mendukung.

"Sementara jumlah perusahaan yang ada di Kuansing ini terus bertambah, puluhan jumlahnya. Seadainya semua ikut berpartisipasi dan mendukung pacu jalur, bisa kita bayangkan bagaimana gegap gempitanya. Apalagi pacu jalur sudah masuk dalam kalender wisata nasional," ujarnya lagi.

Senada dengan itu, Wakil Bupati Kiantan Singingi, H Halim saat berpidato pada pembukaan pacujalur rayon II, Kecamatan Benai pekan lalu menyebutkan, pacujalur merupakan tradisi dan kebudayaan dari masyarakat Kuatan Singingi. Pacujalur ini tidak hanya dimiliki oleh masyarakat Kuansing saja tapi sudah milik masyarakat se Provinsi Riau.

Oleh karena itu kata Halim, atas nama pemerintahan Kabupaten Kuansing meminta agar Provinsi Riau selalu menjaga dan melestarikan tradisi ini.

"Pacujalur sudah dilaksanakan oleh masyarakat Kuansing sejak seabad yang lalu. Hingga kini masih tetap dilestarikan. Kita meminta agar Pemerintahan Provinsi Riau terus menjaga dan melestarikan selamanya," harap Halim.

Selain itu kata Halim, tradisi pacujalur ini sudah merupakan pariwisata terpopuler se Indonesia. Dan telah meraih penghargaan dari Kementerian Pariwisata pada tahun 2017 lalu. Pacujalur masuk dalam Anugerah Pesona Indonesia.

Tidak hanya pacujalur kata Halim, pada tahun 2018, tradisi Perahu Baganduang juga masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia kategori tradisi adat dan budaya terpopuler Indonesia.

Halim meminta, semua pihak agar turut serta dalam mendukung tradisi dan budaya yang dimiliki dan telah diwarisi sejak beratus ratus tahun ini. (hendri)

BERITA LAINNYA
APBD Kuansing Baru Terserap Rp876 Miliar Lebih
Selasa, 16 Oktober 2018 | 14:28
AKBP Fibri Karpiananto Pindah Tugas ke Mabes Polri
Selasa, 16 Oktober 2018 | 13:03
BERIKAN KOMENTAR
Top