• Home
  • Kuansing
  • Presiden Jokowi Minta Daerah Berupaya Kendalikan inflasi

Presiden Jokowi Minta Daerah Berupaya Kendalikan inflasi

Sabtu, 28 Juli 2018 | 01:23
Hendrianto
Poto Bupati Mursini saat bersalaman dengan Presiden Jokowi

TELUKKUANTAN, RIAUREEN.COM- Presiden Joko Widodo meminta pemerintahan ditingkat daerah untuk turut serta dan berupaya dalam mengendalikan inflasi dengan cara mendorong perdagangan antardaerah sehingga daerah yang mengalami surplus barang dapat memberikan pasokan ke daerah lain yang mengalami defisit.

Upaya lainya yaitu mendorong pembangunan pasar-pasar pengumpul di berbagai daerah juga perlu terus dilakukan untuk mengurangi biaya transportasi perdagangan antardaerah.

Selain itu, untuk menjaga ketersediaan pasokan, Jokowi menekankan pentingnya peran Kepolisian Republik Indonesia untuk turut menjaga berjalannya mekanisme pasar antara lain dengan mencegah terjadinya penimbunan barang yang berlebihan.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam acara Rakornas Pengendalian Inflasi di Jakarta, Kamis (26/7/18) kemarin. Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Kuantan Singingi, H Mursini.

Acara yang diselenggarakan di Hotel Sahid Jaya Jakarta itu, Jokowi menjelaskan bahwa pemerintah akan terus berupaya untuk mendukung pengelolaan stabilitas makro ekonomi, khususnya melalui pengendalian inflasi dan keberlanjutan pertumbuhan ekonomi.

Dia juga menyebutkan, pembangunan infrastruktur akan terus di dorong, tidak hanya di Jawa, tapi juga di seluruh wilayah nusantara.

Seperti diutarakan Bupati Mursini, Presiden Joko Widodo ketika memberi arahan terkait persoalan ketidakpastian ekonomi global yang tinggi dan perlu untuk terus diantisipasi, karena dapat mengganggu keberlanjutan pertumbuhan ekonomi.

Untuk itu perlu dilakukan perbaikan neraca transaksi berjalan melalui peningkatan produk berbasis ekspor maupun substitusi impor, termasuk sektor pariwisata.

Pemerintah Daerah juga diminta untuk mendorong investasi dan pembangunan infrastruktur konektivitas serta kemudahan berusaha melalui penyederhanaan dan percepatan perizinan antara lain dengan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat, murah, dan memberi kepastian (Online Single Submission/ OSS). (hendri)


Loading...
BERITA LAINNYA
Staf Ahli Bupati Kuansing, Eriswan Meninggal Dunia
Senin, 10 Desember 2018 | 14:04
BERIKAN KOMENTAR
Top