Dipersip Kuansing Akuisi Sejumlah Arsip

Selasa, 10 Juli 2018 | 13:55
Hendrianto
Kasi Akuisi Dipersip Kuansing, Hevi Heri Antoni
TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,  Pemkab Kuansing sudah mulai melakukan akuisi sejumlah Arsip. Hal ini guna untuk mengamankan Arsip daerah. Terutama Arsip Dinas maupun OPD yang sudah dilebur.

Kadis Dipersip Kuansing, Drs. Azhar melalui Kabid Arsip, Harnita Senin siang (9/7/18) kemarin mengatakan, proses akuisisi Arsip di mulai dari Dinas Pasar dan Pertamanan yang kebetulan Arsipnya berada di kantor Dispersip saat ini.

"Saat ini kami sudah memulai proses klasifikasi terhadap Arsip Dinas Pasar yang masih tersedia. Setelah nantinya diklasifikasi, baru akan dilakukan Akuisisi atau pengambil Alihan arsip tersebut, "ujar Harnita.

Ditanya soal petugas yang melakukan proses klasifikasi, semua dikerjakan oleh Team dari Bagian Arsip Dispersip Kuansing. Mulai dari Kabid, Kepala Seksi hingga staf di bagian Arsip kita berdayakan dan berjibaku dengan upaya ini, imbuh Harnita.

Disebutkan juga, kendala yang dihadapi tentu proses klasifikasi membutuhkan kejelian, pada bagian mana suatu arsip harus di kelompokkan. Oleh karena itu, pihaknya belajar secara otodidak,dan berkomunikasi dengan Arsiparis Riau untuk memastikan pengelompokan nya. Jika proses klasifikasi dan akuisisi ini selesai, tidak tertutup kemungkinan sejumlah OPD lain seperti Dinas Perkebunan, Kehutanan, Peternakan, ESDM dan OPD yang telah dilebur, akan kita akuisisi, tegas Harnita.

Jika hal ini terlaksana, maka Kuansing mungkin daerah pertama di Riau yang melakukan proses Akuisisi arsip , tambahnya.

Dihubungi terpisah, Kasi Akuisisi Dispersip Kuansing Hevi Heri Antoni, membenarkan hal tersebut. Benar, kami tengah melakukan klasifikasi arsip Dinas Pasar untuk selanjutnya di lakukan Akuisisi. Semua di bawah arahan Kadis dan Kabid, kami hanya pelaksana saja, tegas Hevi. (hendri)

BERITA LAINNYA
Dipersip Kuansing Akuisi Sejumlah Arsip
Selasa, 10 Juli 2018 | 13:55
BERIKAN KOMENTAR
Top