• Home
  • Kuansing
  • Pemkab Kuansing Terima Penghargaan APIP Level 2 Dari BPKP Pusat

Pemkab Kuansing Terima Penghargaan APIP Level 2 Dari BPKP Pusat

Senin, 04 Juni 2018 | 19:27
TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM- Bupati Kuansing Drs.H.Mursini, M.Si yang di wakili Wabup Kuansing H.Halim, terima Penghargaan Aparat Pemeriksa Internal Pemerintah (APIP) penilaian  level 2 dari BPKP Pusat yang diserahkan oleh Plt. Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim Rabu (30/5/18) di Kantor BPKP Provinsi Riau.

Kepala Badan Inspektorat Kuansing Hernalis,S.Sos ketika di jumpai di ruang kerjanya Senin (4/6/2018) mengatakan penghargaan yang  diterima Kuansing merupakan bentuk penilaian  dari Badan Pengawasan Keuangan dan  Pembangunan (BPKP) Provinsi Riau dan BPKP Pusat terhadap Kinerja Inspektorat Kuansing dalam menjalankan tugas sebagai Instansi Pemerintah sesuai dengan Tupoksinya.  

Hernalis menambahkan ada enam indikator penilaian terhadap kinerja Inspektorat dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Enam indikator  yang menjadi penilaian  BPKP adalah "peran dan layanan, pengelolaan sumber daya manusia, praktik profesional, akuntabilitas dan manajemen kerja, budaya dan hubungan organisasi, struktur tata kelola," ungkap Hernalis.

Namun sambung Hernalis, sebelumnya pihak BPKP Provinsi Riau melakukan Quality Assurance selama  satu minggu di Inspektorat  Kabupaten Kuansing. Tahap Quality Assurance melakukan penilaian dan pemantauan kepada Tenaga Auditor dan Pemeriksa yang bekerja di Inspektorat Kuansing.

Kemudian kata Hernalis, dari enam indikator yang menjadi penilaian  BPKP Inspektorat Kuansing berhasil memperoleh  penilaian level 2, kapabilitas APIP level 2 ini inspektorat Kuansing sebagai Instansi Pemeriksa dan Pengawas telah memenuhi unsur indikator, dan telah melaksanakan fungsi pengawasan dan bimbingan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD)" ucap Hernalis.

Hasil Quality Assurance yang di peroleh selama satu minggu oleh BPKP Provinsi Riau selanjutnya dikirim ke BPKP Pusat untuk di lakukan penilaian. BPKP Pusat memberikan penilaian sesuai dengan hasil Quality Assurance dari BPKP Provinsi Riau, dari 12 Kabupaten Kota di Provinsi Riau hanya 6 Kabupaten Kota yang memperoleh penilaian level 2.

Enam Kabupaten/  Kota tersebut adalah Kota Pekanbaru, Kuansing, Rokan Hilir, Kepulauan Meranti, Bengkalis, Inhil. 

" Alhamdulillah Kabupaten Kuansing berhasil mendapat penilaian Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) penilaian Level 2," sebut Hernalis.

Tambah Hernalis kita memang sudah mempersiapkan Tenaga  Auditor dan Pengawas untuk membekali memenuhi tuntutan kinerja oleh BPKP, seluruh tenaga Auditor dan Pengawas kita kirim untuk pendidikan selama 2 bulan di Ciawi Kota Bogor, "jelas Hernalis.

Saat ini kata Hernalis dari 25 orang Tenaga Auditor dan Pengawas 11 orang telah memiliki Sertifikat Kompetensi sebagai Tenaga Auditor dan Pengawas yang dikeluarkan oleh BPKP Pusat Jakarta," Katanya.

Sebagai Institusi Pemeriksa dan Pengawasan di Daerah kita mengedepankan  paradigma, sebagai konsultan serta arahan, kepada seluruh OPD, tidak hanya sebagai pemeriksa keuangan, inspektorat bisa sebagai saksi dan sebagai ahli,"  pungkasnya. (hendri)

Loading...
BERITA LAINNYA
Janji Wabup Kuansing Diabaikan Bappeda
Kamis, 13 Desember 2018 | 10:20
Staf Ahli Bupati Kuansing, Eriswan Meninggal Dunia
Senin, 10 Desember 2018 | 14:04
BERIKAN KOMENTAR
Top