• Home
  • Kuansing
  • Pacu Jalur Baserah, Gubernur Riau Diarak Pakai Pompong

Pacu Jalur Baserah, Gubernur Riau Diarak Pakai Pompong

Kamis, 20 Juli 2017 | 21:43
KUANSING, RIAUGREEN.COM - Ribuan masyarakat tumpah-ruah di Tepian Lubuok Sobae, Kecamatan Kuantan Hilir, Baserah, Kabupaten Kuansing untuk menyaksikan jalur kesayangan mereka berpacu dalam iven Pacu Jalur Rayon III.

Iven ini semakin semarak dengan kedatangan Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman. Pria yang akrab disapa Andi Rachman itu begitu sampai di Kuansing disambut Bupati Kuansing H Mursini, mantan Bupati Kuansing dua periode H Sukarmis dan sejumlah tokoh masyarakat Kuansing serta sejumlah pejabat Pemprov Riau asal Kuansing seperti Kadispora H Doni Aprialdi dan Kadis Kebudayaan Yoserizal Zein.

Gubri lalu diarak memakai pompong mengitari Sungai Kuantan sembari menyapa penonton yang menyemut sepanjang arena pacu. Gubri juga mendapat kehormatan untuk melepas secara perdana jalur yang ikut berpacu. Ada sebanyak 81 jalur yang ikut pada iven pacu jalur rayon III ini. Pacu jalur akan berlangsung sejak tanggal 20-22 Juli 2017.

Sejak iven pacu jalur digelar di Baserah, untuk pertama kalinya orang nomor satu di Negeri Lancang Kuning langsung hadir dan menyapa masyarakat. "Sudah ratusan tahun pacu jalur di sini, inilah pertama kali sepanjang sejarah Pak Gubernur hadir. Ini suatu kehormatan bagi kami masyarakat Baserah," ucap seorang penonton yang mengaku bernama Darwis.

Pada kesempatan itu, Gubri atas nama pribadi menyumbang sebesar Rp30 juta untuk membantu pelaksanaan pacu jalur.

Gubri kembali menegaskan komitmennya untuk menjadikan iven pacu jalur di Kuansing sebagai iven pariwisata nasional. "Iven ini sudah ratusan tahun dan sangat layak menjadi iven nasional. Apalagi iven ini sekarang masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia dari Kemenpar. Saya juga berharap agar sejarah pacu jalur ini dibuatkan buku agar masyarakat bisa memahami dengan baik bagaimana sejarahnya," ulasnya.

Gubri nampak sangat antusias mendapat sambutan hangat dari ribuan masyarakat Kuansing. (r1)


BERITA LAINNYA
Gubri dan Masyarakat Kuansing Tanam 25 ribu Pohon
Rabu, 13 Desember 2017 | 12:59
10 Orang Terjaring Razia di Warung Remang-remang
Senin, 11 Desember 2017 | 12:44
Ditinggal ke Kebun, Dua Rumah Ludes Dilalap Api
Rabu, 06 Desember 2017 | 15:31
Dua Pria dan Satu Wanita Diringkus Terkait Sabu
Minggu, 12 November 2017 | 12:07
Bapak Gaek dengan Satu Pake Sabu Diringkus Polisi
Minggu, 22 Oktober 2017 | 10:17
Polisi Tak Temukan Peredaran Pil PCC di Kuansing
Senin, 25 September 2017 | 11:46
BERIKAN KOMENTAR
Top