• Home
  • Kampar
  • Perduli Stunting, Tim Pengabdian UNRI Gelar Pelatihan Deteksi Stunting di Desa Tambang Kabupaten Kampar

Perduli Stunting, Tim Pengabdian UNRI Gelar Pelatihan Deteksi Stunting di Desa Tambang Kabupaten Kampar

Jumat, 07 Agustus 2020 | 14:21

KAMPAR, RIAUGREEN.COM - Pandemi Covid-19 tidak menghalangi sivitas akademika Universitas Riau (UNRI) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2020 di KantorCamat Tambang, Kabupaten Kampar.

Kegiatan ini tidak saja diikuti oleh dosen-dosen dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keperawatan UNRI namun juga terintegrasi dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa UNRIdari Fakultas Kedokteran  dan Fakultas Hukum sebanyak 20 orang. Untuk mencegah penularan COVID-19, seluruh peserta kegiatan menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan faceshield, dan mencuci tangan sebelum dan setelah kegiatan.

Adapun kegiatan pengabdian dengan judul "Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Desa Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kamar dalam Program Intervensi Gizi sebagai Upaya Pencegahan Stunting pada Anak" meliputi kegiatan pelatihan kader posyandu untuk deteksi stunting. Pelatihan ini diperlukan karena terdapat indikasi masih terdapat kesalahan pengukuran berat dan tinggi badan anak oleh kader yang berdampak pada peningkatan angka stunting.

Kegiatan pelatihan ini diawali oleh pemberian materi oleh dr. Yuliati, SpA dengan tema penilaian status gizi anak dandr. Nurhasanah, SpGK dengan tema kebutuhan gizi ibu hamil dan strategi pencegahan stunting.Kegiatan ditutup dengan praktek langsung pengukuran tinggi dan berat badan.Selain itu juga dilakukan serah terima mahasiswa KKN abdimas kepada perwakilan Kepala Camat Tambang.

"Kegiatan pengabdian ini merupakan wujud kepedulian dan partipasi aktif dosen dan  mahasiswa UNRI terhadap pengentasan stunting di Provinsi Riau. Kegiatan ini didanai oleh dana pengabdian desa binaan dari UNRI yang diharapkan akan berkelanjutan selama beberapa tahun. Selain itu tim pengabdian juga menyerahkan bantuan berupa alat pengukur tinggi dan berat badan balita dan ibu hamil kepada Kepala Desa Tambang Bapak Ibrahim," tutur Ketua pengabdian, dr. Arfianti, PhD menyampaikan tujuan dari kegiatan pengabdian. (rds)

Loading...
BERITA LAINNYA
DPRD Apresiasi Kinerja Pemkab Kampar
Selasa, 07 Juli 2020 | 12:04
Sekda Kampar: Jangan Gengsi Jadi Petani
Sabtu, 04 Juli 2020 | 16:09
BERIKAN KOMENTAR
Top