• Home
  • Kampar
  • Bupati Kampar Akui Daerahnya Terkena Dampak Banjir Paling Parah Semenjak Tahun 1978

Bupati Kampar Akui Daerahnya Terkena Dampak Banjir Paling Parah Semenjak Tahun 1978

Rabu, 10 Februari 2016 | 14:17
Bupati Kampar, H.Jefry Noer, SH.
BANGKINANG, RIAUGREEN.COM - Kondisi banjir yang meluas dan dalam volume yang sangat besar membuat banyak pihak yang mengatakan banjir tahun 2016 ini merupakan banjir yang paling parah sejak tahun 1978.

Bahkan Bupati Kampar H. Jefry Noer, SH juga tak menampik sebutan itu karena dia juga melihat wilayah yang terdampak banjir sangat luas. Ditemui di sela-sela kesibukannya memimpin penyaluran bantuan Jefry mengatakan kondisi di Kampar saat ini memang sudah tanggap darurat banjir.

Oleh karena itulah, sangat tepat bila seluruh lini terlibat untuk membantu masyarakat, seperti dari Provinsi Riau bahkan diharapkan juga dari pemerintah pusat. Banjir bukan hanya merendam pemukiman penduduk, tetapi juga meluluhlantakkan perkebunan, pertanian dan usaha perikanan masyarakat.

"Ini banjirnya luar biasa, biasanya di Kampar merendam hingga 15 Kecamatan di Kampar. Sekarang baru awal saja, sudah delapan kecamatan yang terendam dan ribuan orang terendam banjir," terang Jefry sebagaimana dikutip dari riaupos.co.

Delapan kecamatan yang dimaksud antara lain Kecamatan Tambang, Kampar Utara, Kampar Timur, Kampar, Bangkinang, Bangkinang Kota, Salo, Kuok, dan Rumbio Jaya.

Kondisi parah memang terlihat sejak Senin (8/2) malam hingga Selasa. yang tampak hanya rumah-rumah yang terendam oleh banjir. Juga tebing sungai yang longsor dihantam terjangan air yang datang seperti air bah, menghanyutkan apa saja termasuk kerambah-kerambah ikan milik petani.

Puluhan ribu jiwa yang tersebar delapan Kecamatan harus bergumul dengan air banjir luapan Sungai Kampar yang sudah seperti lautan luas. Evakuasi terhadap masyarakat dilakukan secara berturut-turut mulai Senin malam (8/2/2016) hingga Selasa malam (9/2/2016).

Seluruh tim gabungan saling membahu, seperti Badan Penanggulangan Bencana  Daerah (BPBD) Kampar dan Provinsi Riau, Dinas Sosial Kabupaten Kampar dan Provinsi Riau, jajaran Kodim 0313/KPR dan Batalyon 132/BS Salo dan jajaran Polres Kampar. (rpc)

BERITA LAINNYA
Gebyar IP-ICBS Resmi Digelar, Ini Harapan Wagubri
Senin, 20 Februari 2023 | 15:12
Posyandu Baiturrahman Gelar Wisuda Imunisasi Balita
Senin, 28 November 2022 | 13:51
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top