• Home
  • Inhu
  • RAPBD Inhu Tahun 2020 Disahkan Senilai Rp 1,4 triliun

RAPBD Inhu Tahun 2020 Disahkan Senilai Rp 1,4 triliun

Minggu, 01 Desember 2019 | 16:05
INHU, RIAUGREEN.COM Kendati melalui pembahasan demi pembahasan yang begitu singkat dan padat dilakukan oleh 40 anggota dprd inhu terpilih untuk periode 2019-2024, akhirnya DPRD Kabupaten lndragiri (Pemkab) lnhu sepakat APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) tahun 2020 sebesar Rp1,49 Trilyun, Sabtu (30/11/2019) malam, di Gedung DPRD lnhu lantai II Jalan Lintas Timur, Kelurahan Pematang Reba kecamatan rengat barat.

Rapat Paripurna tersebut tampak langsung dipimpin oleh Ketua DPRD lnhu Samsudin yang didampingi oleh Waka l DPRD lnhu Masyrullah dan Waka ll H. Suwardi Ritonga, dan dihadiri oleh Sekda lnhu Ir.H Hendrijal dan dihadiri 33 orang Anggota DPRD lnhu Priode 2019 2024. 

Sedangkan tak hadir 7 orang,.sebagaimana yang di sebutkan ketua dprd inhu sebelum acara berlansug saat akan membuka secara resmi bahwa acara paripurna dapat di laksanakan dengan kehadiran 33 Anggota DPR inhu.
 
Mewakili Banggar (Badan Anggaran) DPRD lnhu Rizal Zamzami dalam tangkapannya menyampaikan bahwa dari hasil sinkronisasi antara Banggar DPRD dan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) Kabupaten lnhu disepakati, Pendapatan adalah sebesar Rp1,3 Trilyun Lebih, sedangkan Belanja adalah sebesar Rp1,4 Trilyul lebih.

"Dari Anggaran tersebut Belanja Tidak Langsung (BTL) adalah sebesar Rp900 Milyar lebih dan Belanja Langsung sebesar Rp500 Milyar lebih," terangnya.

Menyikapi hal tersebut Ketua DPRD lnhu Samsudin yang bertindak sebagai pimpinan rapat menanyakan langsung kepada seluruh anggota DPRD yang hadir apakah setuju APBD lnhu disahkan, seluruh anggota DPRD lnhu setuju APBD lnhu 2020 disahkan.

Bupati lnhu H. Yopi Arianto yang dalam hal ini diwakili oleh Sekda lnhu H. Hendrizal menyampaikan bahwa sesuai dengan amanat konstitusi, APBD adalah rencana keuangan tahunan daerah yang dibahas dan disetujui bersama oleh DPRD dan Kepala Daerah dan ditetapkan dengan peraturan daerah.

"Dengan demikian APBD merupakan alat (wadah) untuk menampung kebutuhan dan kepentingan publik, yang diwujudkan melalui berbagai program dan kegiatan yang prioritas yang manfaatnya benar-benar dirasakan langsung oleh masyarakat," paparnya.

Kemampuan Pemerintah Daerah dalam membiayai pembangunan akan sangat ditentukan oleh kapasitas daerah dalam mengatur berbagai program kegiatan pembangunan dalam melaksanakan berbagai fungsinya secara baik dan benar.

"Seperti fungsi pelayanan kepada masyarakat, fungsi pembangunan dan fungsi pemberdayaan kepada masyarakat dalam upaya merealisasikan tujuan pembangunan di daerah," ungkapnya.

"Akhirnya, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota DPRD lnhu yang telah menyetujui Belanja APBD lnhu tahun 2020 sebesar Rp1,496.029.898.393 (Satu Trilyun, Empatratus Sembilanpuluh Enam Milyar, Duapuluh Sembilan Juta, Sembilanratus Delapanpuluh Sembilan Ribu, Tigaratus Sembilan Puluh Tiga Rupiah)," ujarnya.

Acara tersebut selain di hadiri sekda yang mewakili bupati inhu juga dihadiri sejmulah anggota forkopimda inhu dan kepala dinas / badan eselon II pemkab inhu.  (Budiman s)


Loading...
BERITA LAINNYA
Tiga Pimpinan Defenitif DPRD lnhu Resmi Dilantik
Selasa, 22 Oktober 2019 | 19:33
Samsudin Resmi Ditunjuk Sebagai Ketua DPRD Inhu
Selasa, 08 Oktober 2019 | 09:11
BERIKAN KOMENTAR
Top