• Home
  • Inhu
  • Seluruh Kecamatan di Inhu Serentak Gelar Dzikir dan Doa Bersama

Seluruh Kecamatan di Inhu Serentak Gelar Dzikir dan Doa Bersama

Selasa, 01 Januari 2019 | 21:55
INHU, RIAUGREEN.COM - Lantunan dzikir dan doa menggema di seluruh wilayah Kabupaten Inhu menyambut tahun baru 2019. Tabligh akbar dan dzikir bersama digelar Pemerintah Kabupaten Inhu secara serentak di seluruh kecamatan, Senin (31/12/2018) malam.

Bupati Inhu H Yopi Arianto sendiri hadiri pelaksanaan Tabligh akbar yang digelar di Halaman Kantor Bupati, Jalan Lintas Timur Pematang Reba. Turut hadir juga, beberapa anggota DPRD Inhu dan Kuansing, jajaran pejabat dan ASN di lingkungan Pemkab Inhu serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Sejak pukul 20.00 WIB, ribuan jamaah tampak mulai memadati lokasi pelaksanaan Tabligh akbar dan dzikir bersama di Halaman Kantor Bupati. Pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh Munira Maulan Nurum, Qoriah terbaik kedua MTQ tingkat Provinsi Riau tahun 2018 menjadi pembuka pelaksanaan dzikir bersama ini.

"Berdasarkan surat edaran tentang instruksi Bupati terkait pergantian tahun baru, pada malam ini seluruh kecamatan di Inhu turut menggelar kegiatan yang sama. Untuk lokasinya, ada yang dilaksanakan di halaman kantor camat, masjid maupun surau," kata Sekda Inhu Hendrizal selaku ketua panitia pelaksana.

Kedepan, lanjut Sekda point-point yang tertuang dalam surat edaran bupati tersebut akan diupayakan untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah dan menjadi agenda rutin tahunan.

Sepeti diketahui, sebelumnya Bupati Inhu H Yopi Arianto telah mengeluarkan instruksi melalui surat edaran nomor: 779/ UM/ XII/ 2018 tentang pergantian tahun baru.

Dalam instruksi tersebut, tertuang lima point diantaranya, pertama pergantian tahun baru Masehi kita jadikan sebagai momentum untuk introspeksi diriatau evaluasi diri terhadap kekurangan masa lalu untuk dapat diperbaiki di masa mendatang.

Kedua, tidak merayakan malam tahun baru baik berupa hiburan maupun menyalakan kembang api/ petasan dan peniupan terompet.
Ketiga, kepada seluruh pemilik dan pengelola tempat hiburan agar tidak mempertunjukkan atau mempertontonkan yang tidak sesuai dengan kaidah moral dan agama, serta paling lambat pukul 01.00 WIB, sudah tutup.

Keempat, kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat, pengurus masjid atau mushola dan ormas Islam supaya mengajak masyarakat dan generasi muda untuk beribadah, berdzikir dan berdoa baik di rumah, di masjid atau mushola di lingkungan masing-masing.

Kelima, kepada orang tua agar tidak membiarkan anak-anaknya turun ke jalan-jalan dan tempat hiburan yang dapat mengganggu keamanan, ketentraman dan ketertiban baik bagi dirinya maupun orang lain.

Pada Tabligh akbar dan dzikir bersama itu, turut diisi penampilan ceramah oleh da'i cilik Dika Atmaja Wiyanto. Dipandu Ketua MUI Kabupaten Inhu Tengku Wahab, dzikir dan doa mengantarkan pada detik-detik pergantian tahun baru 2019. (hums/buds)

Loading...
BERITA LAINNYA
Hendrizal Inspektur Upacara Perkemahan SAKA
Sabtu, 09 Maret 2019 | 11:18
Buron Hampir 2 Tahun, Als Akhirnya Berhasil Dibekuk
Selasa, 26 Februari 2019 | 15:40
BERIKAN KOMENTAR
Top