• Home
  • Inhu
  • Solusi Atasi masalah Listrik di Inhu, PLN Rengat Taruh Harapan pada GI Tanah Datar

Solusi Atasi masalah Listrik di Inhu, PLN Rengat Taruh Harapan pada GI Tanah Datar

Rabu, 02 Mei 2018 | 13:37
INHU, RIAUGREEN.COM - Untuk Mengatasi Kondisi masalah penerangan Listrik Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) saat ini yang kerap mengalami gangguan tekhnis di lapangan baik karena faktor alam maupun lainnya, Gardu Induk yang telah dibangun di Desa Tanah datar Kecamatan Rengat Barat diharapkan dapat menjadi solusi.

Demikian dikatakan Joy mart Sihaloho Selasa (1/5/2018) di pematang reba,  Untuk itu kita berharap hendaknya GI (Gardu Induk) yang telah du bangun di Desa Tanah datar kecamatan rengat barat meski kita Surplus sebesar 15 MW, namun demikian listrik Inhu masih rentan dengan masalah, kata Manager PLN Area Rengat Joy Mart Sialoho di dampingi H Julhardi.

Hal ini disampaikan Joy dalam konferensi Pers yang dlaksanakan di Aula Rumah Makan Sederhana Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat, selasa (1/5/2018).

Permasalahan ini muncul dikarenakan masih banyaknya gangguan yang terjadi di lapangan yang mengakibatkan listrik mati.

"Matinya listrik ini dikarenakan begitu terjadi gangguan maka seluruh listrik akan mati,(Block out) memang begitu cara kerjanya, Jika tidak maka ini akan sangat berbahaya bagi yang ada disekitar terjadinya gangguan dan kita tidak pernah tau apa yang ada disekitar lokasi tersebut akibat terjadinya gangguan," sebutnya.

Untuk itu kita berharap GI (Gardu Induk) yang berada di Desa Tanah Datar Kecamatan Rengat Barat segera beroperasi, kiranya karena dengan beroperasinya GI tersebut maka kondisi listrik di Inhu akan kuat dan ini hendaknya menjadi solusi kedepanya bagi Penerangan listrik kita di inhu.

"Jika GI di Desa Tanah Datar Beroperasi kekuatan listrik Inhu nantinya akan sama dengan kekuatan listrik Provinsi Riau," jelasnya.

Dijelaskan Joy Mart bahwa, permasalahan listrik mati selama ini tidak selalu disebabkan oleh faktor pembangkit, bisa saja disebabkan oleh jaringan ataupun faktor alam.

Selanjtunya Manager PLN Joy mart Sihaloho bersama Ketua PWI Inhu bersama sejumlah anggota awak media liputan inhu meninjau Mesin Pembangkit yang berada di tanah merah kecamatan lirik, yaitu PT.Wika guna memantau langsung secara dekat kondisi yang rill Hasil peninjauan yang dilakukan kesalah satu Kontraktor PLN yaitu PT Wika (Wijaya Karya) yang berada di Kelurahan Tanah Merah diperoleh keterangan bahwa, dari 7 mesin pembangkit yang ada perusahaan tersebut hanya 6 unit saja yang beroperasi

"1 (Satu ) unit mesin mengalami kerusakan berat, (tidak dapat dioperasikan sama sekali alias mangkrak). Namun demikian dari 6 unit mesin ini mampu menghasilkan daya sebesar 17 MW," kata Wawan mewakili management PT Wika saat digelar pertemuan selasa (1/5/2018) diruang aula kantornya sore itu.

Pihaknya menanggapi juga Untuk menghadapi bulan suci Ramadhan 2018 ini PT. Wika dalam waktu dekat sudah melakukan berbagai persiapan dengan melakukan pengadaan oli dll meski belum jatuh tempo.secara tekhnisi Ujarnya.

Anehnya tak lama pertemuan berlangsung di ruang aula kantor PT Wika bersama pihak petugas kerja ( PT Wika red ) terjadi padam listrik kurang lebih 20 menit nyala kembali. Akibatnya konfrensi terhenti sejenak.

Pertemuan kita kali ini ada hikmahnya ujar Joy mart Sialoho. terjadinya mati lampu saat ini ( pertemuan red berlansung ) terjdinya block out, gangguan pada jaringan di wilayah rengat barat sehingga padam total, dan terdengar suara mesin di Komplek lokasi PT WIKA tersebut mendadak semua mesin yang beroprasi ke 6 nya mati mendadak. Ujar Manager PLN Joy mart Sihaloho beserta staf karyawan PT WIKA Wawan dkk.

"Atas nama management PT Wika saya mengucapkan terima kasih kepada Manager PLN Area Rengat maupun pengurus Ketua PWI inhu Efril Reza dan anggota pers yang telah berkunjung ke PT Wika hari ini," Ujar Wawan.

Pada kesempatan itu juga  Ketua PWI inhu Efrizal Reza didampingi Manager PLN Area Rengat Joy mart Sialoho   memberikan bingkisan minuman sarang burung walet dan roti kaleng pada pihak karyawan PT Wika Guna menyambut datangnya bulan suci ramadhan / bulan puasa dalam waktu dekat ini. (buds)

BERITA LAINNYA
Artefak penginggalan Jepang Ditemukan di Inhu
Senin, 11 Juni 2018 | 15:44
BERIKAN KOMENTAR
Top