• Home
  • Inhu
  • Warga Desa Sungai Guntung Inhu Desak PT TSM Ditutup

Warga Desa Sungai Guntung Inhu Desak PT TSM Ditutup

Selasa, 10 Oktober 2017 | 18:27
Demo warga di depan kantor Bupati Inhu Riau
INHU, RIAUGREEN.COM - Ratusan Warga yang mengatas namakan Masyarakat Desa Sungai Guntung melakukan Aksi Damai di Kantor Bupati Indragiri Hulu Riau, Senin, 09 Oktober 2017

Mereka menuntut PT TSM (tani subur makmur) yang sudah beroperasi selama 12 tahun di Daerah Sungai Guntung, agar ditutup.

Masyarakat juga menuntut Pemerintah daerah melakukan audit keuangan kepada Koperasi  di Desa Sungai Guntung. Dan Masyrakat menginginkan lahan tersebut dikembalikan ke fungsi awalnya yakni dalam kawasan hutan. 

"Aksi yang kami lakukan bentuk kekecawaan terhadap Pemerintah Daerah terkait pemberian izin PT TSM, selanjutnya kami juga menyampaikan kepada  PEMDA INHU harus segera menutup perusahaan tersebut, terakhir kami juga menyampaikan kepada Dinas Koperasi dan UKM untuk mengaudit koperasi Al Baraqah  dan apabila pemerintah tidak merespon tuntutan kami,  maka harus diselesaikan secara hukum," ujar salah satu ketua aksi JHON. 

Selanjutnya dari warga  setempat, HENDRO, mengatakan bahwa 12 tahun perusahan tersebut beroperasi di daerah mereka, dan hanya mendapat uang santunan 35.000/KK.

"Dalam perjanjian awalnya kami mendapatkan lahan dan sampai detik ini pun masyarakat tidak tahu dimana lahan kami, jika pemerintah tidak menanggapi aksi kami ini maka kita bersama Warga Desa Sungai Guntung akan menduduki lahan tersebut sebagai bentuk kekecawaan kami terhadap Pemerintah dan Perusahaan," tuturnya.

Sementara menurut ASMAR,  SH selaku advokasi Hukum Masyarakat Sungai Guntung mengungkapkan,  mendapatkan informasi dari Team Analisis dan Informasi Sialang melihat adanya penyelewengan kekuasan oleh penjabat dalam hal ini pemberian izin PT TSM untuk melakukan penanaman sawit.

"Kita tahu bahwa lahan tersebut dalam kawasan hutan.  Dan kita mengupayakan untuk permasalahan ini kami menyampaikan kepada WALHI untuk memberikan naungan kepada masyarakat kedepannya dalam proses perkara hukum tersebut," ucapnya. (rls/r1) 


BERITA LAINNYA
Ratusan Botol Miras Tanpa Izin Disita Polres Inhil
Selasa, 12 Desember 2017 | 15:07
Seorang Ibu Rumah Tangga Ditangkap karena Narkoba
Sabtu, 25 November 2017 | 12:50
BERIKAN KOMENTAR
Top