• Home
  • Inhu
  • Terungkap Penyebab Perindo Gagal Mendaftar di KPU Inhu

Terungkap Penyebab Perindo Gagal Mendaftar di KPU Inhu

Selasa, 10 Oktober 2017 | 12:33
Partai Perindo
Berita Terkait:
INHU, RIAUGREEN.COM - Partai Perindo di kabupaten Indragiri Hulu gagal mendaftarkan partai mereka ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indragiri Hulu. Ini terjadi karena DPC Perindo Inhu yang dipimpin Arifudin A Khalik masih belum bisa memenuhi persyaratan yang diwajibkan untuk pendaftaran Partai politik.

Hal ini dibenarkan oleh ketua KPU Inhu, Muhammad Amin. "Perindo  memang sudah datang tadi untuk mendaftar, namun masih ada kekurangan yang harus dipenuhi dan terpaksa berkas harus dikembalikan, tegas Amin

Dikatakan Amin, salah satu kekurangan dari Perindo yakni jumlah KKTP atau KTA tidak sesuai dengan yang terdata pada Sisti Informasi Partai Politik (Sipol). Pada Sipol terdaftar sebanyak 898 anggota partai yang memiliki kartu anggota, namun pada berkas diterima KPU Inhu hanya ada 830 KTA dan KTP.""Maka sesuai dengan aturan kami harus kembali dan terpaksa dinyatakan bahwa Perindo belum melakukan pendaftaran, tegasnya lagi.

Dijelaskannya, pengembalian tersebut sesuai dengan pasal 15 ayat 3 UU No 11 tahun 2017 dinyatakan Dalam hal berdasarkan penelitian sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf c, terdapat kekurangan dokumen hardcopy yang telah diserahkan, KPU/KIP Kabupaten/Kota mengembalikan dokumen pemenuhanpersyaratan keanggotaan dan meminta Partai Politik untuk melengkapi dan menyampaikan kembali sampai dengan batas akhir waktu pendaftaran.

Namun Amin, mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Perindo Inhu. Namun kedepan diharapkan sebelum dilakukan pendaftaran, agar penghubung antara Partai Politik dengan KPU/LO dapat terus melakukan koordinasi dengan KPU terlebih dahulu, agar saat mendaftar semuanya sudah siap dan kekurangan bisa diminimalisir.

Ditambahkannya, data yang ada pada Sipol harus sesuai dengan data atau berkas pendaftaran di KPU terutama untuk foto copi KTA dan KTP anggota partai, jumlahnya haruslah sama.Begitu juga dengan kelengkapan lainnya seperti rekening partai, domisili kantor partai dan status kantor. (mcr)

BERITA LAINNYA
Ratusan Botol Miras Tanpa Izin Disita Polres Inhil
Selasa, 12 Desember 2017 | 15:07
Seorang Ibu Rumah Tangga Ditangkap karena Narkoba
Sabtu, 25 November 2017 | 12:50
BERIKAN KOMENTAR
Top