• Home
  • Inhu
  • Pilkades Serentak Digelar 9 Desember 2017 Mendatang

Pilkades Serentak Digelar 9 Desember 2017 Mendatang

Senin, 25 September 2017 | 11:56
Ilustrasi@net
RENGAT, RIAUGREEN.COM - Salah satu tindak lanjut dari pengesahan Peraturan Daerah ( Perda) tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Aparat Desa, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau telah merancang tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) tahun 2017 ini. 

Salah satu hasil rancangan tersebut yakni pilkades serentak itu akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2017 mendatang. "Rancangan tahapan sudah mulai disusun, saat ini tinggal persetujuan pimpinan dalam hal ini Bupati Inhu H Yopi Arianto SE," ujar Kasubag Bina Pemerintahan Desa Eva Elma SSos, Jumat (18/8).

Menurutnya, sesuai rencana rancangan tahapan pilkades ini akan dikoordinasikan dengan Asisten I, Sekeretaris Daerah dan selanjutnya bersama Bupati Ingu. Ketika rancangan pilkades serentak ini dapat disetujuai, dilanjutkan dengan sosialisasi dan pelaksanaan sesuai tahapan.

Perencanaan pelaksanaan pilkades serentak pada tanggal 9 Desember 2017, mengacu kepada rencana pelaksaan pilkades dengan sistim e-voting disalah satu desa. "E-voting ini juga menggunakan anggaran tersendiri. Makanya diajukan di APBD Perubahan 2017 ini dengan harapan dapat disetujui DPRD. 

Sedangkan untuk pelaksanaan e-voting sendiri, sesuai renacana awal akan diterapkan di Desa Buluh Rampai, Kecamatan Seberida. Hal ini mengacu kepada berbagai persyaratan yang dapat terpenuhi oleh Desa Buluh Rampai terutama kelengkapan sarana dan prasarana penunjang. 

ketika e-voting ini dapat dilaksanakan dengan mengambil contoh di Desa Buluh Rampai, banyak keuntungan dan kemudahan. Di mana, melalui program e-voting dapat menepis berbagai kecurangan dan hasil pemilihan cepatnya diketahui.

Untuk itu harapnya, ketika dalam pelaksanaan program e-voting ini tidak ada kendala, kedepannya untuk pelaksanaan pilkades akan diterapkan secera keseluruan pilkades memakai e-voting. "E-voting juga melibatkan berbagai OPD lainnya seperti Dinas Kominfo, Dinas Capil dan lainnya," sebutnya.

Lebih jauh disampaikannya, hingga saat ini pelaksanaan pilkades serentak akan dilaksanakan di 56 desa dalam wilayah Kabupaten Inhu. Bahkan saat ini jabatan kepala desa terdapat sebanyak 31 desa dijabat oleh pejabat (Pj).

Jumlah tersebut bisa saja bertambah, sesuai dengan keinginan dari setiap desa yang masa jabatan kepala desanya berdekatan dengan bulan Desember. "Seperti keinginan Desa Sungai Beras-Beras berkeinginan ikut dalam pilakdes serentak. Sementara jabatan kepala desanya baru berakhir pada Maret 2018," terangnya.(mcr) 

BERITA LAINNYA
Bupati Inhu Kembali Raih Penghargaan MURI
Senin, 16 Oktober 2017 | 16:11
Warga Desa Sungai Guntung Inhu Desak PT TSM Ditutup
Selasa, 10 Oktober 2017 | 18:27
Pilkades Serentak Digelar 9 Desember 2017 Mendatang
Senin, 25 September 2017 | 11:56
BERIKAN KOMENTAR
Top