• Home
  • Inhil
  • Masyarakat Inhil Bentuk Kampung Tangguh untuk Hadapi Covid-19

Masyarakat Inhil Bentuk Kampung Tangguh untuk Hadapi Covid-19

Kamis, 09 Juli 2020 | 22:11
INHIL, RIAUGREEN.COM Kampung Tangguh Nusantara,Gerakan Jaga Kampung(KTN) di Perumnas parit 03 kelurahan Tembilahan Barat, kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir ( Inhil )akhirnya diresmikan, Kamis (9/7).

KTN yang menjadi percontohan di Kabupaten Inhil ini telah dipersiapkan oleh Tim Polres Inhil, sebagai satu diantara upaya dalam menekan penyebaran virus Covid 19 dengan menguatkan kembali ekonomi masyarakat melalui ketahanan pangan  pertanian,peternakan dan perikanan.

Pandemi virus covid 19 telah berdampak negatif oleh sebagian besar masyarakat dengan melemahkan perekonomian, sehingga kehadiran KTN yang di prakarsai oleh Polres Inhil ini diharapkan membangun ketahanan pangan masyarakat.

Melalui KTN ini masyarakat diberi bantuan antara lain, yaitu, sembako, bibit tanaman,bebek petelur, pemupukan tanaman padi dan bibit ikan.

Semua bantuan ini nantinya bisa di garap oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari harinya.

Adapun jenis bibit tanaman yang di tanam di KTN Tembilahan Hulu di lahan seluas 1,5 Ha antara lain, Jahe Merah, Cabe Rawit, Ubi Jalar Ungu, Ubi Jalar Madu, Bayam, Kangkung, Sawi dan Jagung.
Masyarakat juga diberikan Benih ikan Nila 10.000 ekor, Ikan Patin 10.000 ekor dan ternak
Bebek petelur 100 ekor.

Ketua Kelompok Tani Makmur Sejahtera Tembilahan Hulu, Mochtar, menyambut haru dan mengucapkan terima kasih kepada Polres Inhil yang telah membantu masyarakat.

Dengan bantuan yang diberikan tersebut, Mochtar berharap bisa mendukung Masyarat untuk lebih mudah dalam mencapai program swasembada dan bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal.

"Kami atas nama pengurus kelompok tani mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim Polres Inhil, yang telah merealisasikan bantuan pertanian bagi warga di Tembilahan Barat ini," tuturnya.

Apresiasi yang tinggi juga diberikan oleh Bupati Inhil HM Wardan mewakili Pemkab Inhil kepada Polres Inhil yang telah membuat program ini.

Bupati berharap Kampung Tangguh Nusantara ini bisa menjadi pelopor bagi masyarakat agar lebih berdisiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Kampung Tangguh ini dapat menjadi contoh desa-desa lain sehingga semua desa di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir melakukan hal yang sama baik itu tangguh menjaga kesehatan, pencegahan COVID-19 dan harus tangguh perekonomian masyarakatnya," ungkap Bupati Wardan saat meresmikan Kampung Tangguh Nusantara, di Kelurahan Tembilahan Barat, Kecamatan Tembilahan Hulu.

Selain sebagai antisipasi penyebaran Covid-19, menurut Bupati, Kampung Tangguh Nusantara, juga bertujuan mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban terhadap masyarakat (kamtibmas) yang aman dan kondusif. 

"Pemkab Inhil akan mendukung penuh kampung tangguh nusantara tersebut. Terbentuknya Kampung Tangguh Nusantara, juga sebagai bentuk sinergitas, kebersamaan di antara pemerintah daerah, Polri dan TNI dalam mewujudkan kegotongroyongan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19," pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman, S.IK yang juga Ketua Persiapan Kampung Tangguh menjelaskan Program kampung tangguh di luncurkan dalam rangka jaga Kampung antisipasi penanggulangan Covid 19.
Kapolres berharap program ini akan berkelanjutan dan menjadi sumber kehidupan masyarakat.

"Saya merasa bangga melihat kelompok tani sejahtera mengerjakan dengan ceria dan senyum, mari kita  sama sama menjaga kampung ," tutur Kapolres.

Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman Siahaan,S.I.K, mengatakan, Kampung Tangguh Nusantara ini nantinya bisa menjadi dasar peningkatan kesadaran masyarakat dalam pencegahan Covid-19. 

"Masyarakat harus terus diedukasi bagaimana pancegahan dan bagaimana penanggulangannya. Masyarakat yang terkena virus dan sudah sembuh meskinya jangan sampai dijauhi apalagi didiskriminasi, justru mereka harus diberikan dukungan," pungkas Kapolres.

Tampak hadir juga dalam peresmian antara lain yaitu, Dandim  0314/Inhil  Letkol Inf' Imir Faishal, Ketua DPRD Inhil Dr.Feriyandi, S.T, M.T, MM, Kepala Kejaksaan Negeri Tembilahan,Susilo,SH,Ketua Pengadilan Negeri Tembilahan, Nurmala Sinurat,S.H., M.H, Kepala Pengadilan Agama, H. Khariunas,SH, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan, H. Fajar Husin,S.H, MH, Waka Polres Inhil Kompol R. Firdaus SH,Kabag Ops Polres Inhil,Kompol Maison,SH, PJU Polres Inhil, Kapolsek Tembilahan Hulu AKP Rhino Handoyo,SH, Camat Tembilahan Hulu,M. Nazar, S.Sos M.Si dan Kelompok Tani Makmur Sejahtera bersama masyarakat. (Ms)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top