• Home
  • Inhil
  • Kapolres Inhil Turut Serta Padamkan Api Pada Lahan Masyarakat

Kapolres Inhil Turut Serta Padamkan Api Pada Lahan Masyarakat

Sabtu, 12 Oktober 2019 | 18:02
INHIL, RIAUGREEN.COM - Kapolres Indragiri Hilir (Inhil), AKBP Indra Duaman turut serta memadamkan api dalam kebarakan hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi pada lahan masyarakat, di Jalan Paruna, Desa Pekan Kamis, Kecamatan Tembilahan, Sabtu (12/10/2019).

Upaya pemadaman api dan pendinginan lokasi lahan terbakar milik warga dilaksanakan oleh Polres Inhil bersama TNI, BPBD Inhil dan Masyarakat Peduli Api (MPA).

Menurut Kapolres Inhil, AKBP Indra Duaman pemadaman sekaligus pendinginan pada lahan milik masyarakat dilakukan guna mengantisipasi meluasnya kebakaran yang terjadi.

"Langkah pemadaman segera kita ambil tentunya atas kekhawatiran akan meluasnya kebakaran lahan milik masyarakat, lebih lagi ini terjadi di lahan gambut. Kita tidak menginginkan kebakaran lahan yang meluas menimbulkan kabut asap yang berbahaya," ujar Kapolres di sela pemadaman api.

Selain menyiramkan air di lokasi lahan yang terbakar, diungkapkan Kapolres, upaya penanganan terhadap meluasnya api juga dilakukan dengan cara membuat sekat/jalur pembatas di antara lahan milik warga.

"Kami juga sudah memasang police line. Disamping itu, kami melakukan pengumpulan bahan keterangan sehubungan dengan penyebab terjadinya kebakaran lahan tersebut," ungkap Kapolres seraya mengatakan hambatan dalam pemadaman adalah minimnya kantong air yang tersedia.

Berdasarkan penelusuran, pihak Polres Inhil telah berhasil mendapat beberapa orang saksi yang merupakan warga setempat untuk dimintai keterangan.

Dari hasil pemantauan, kondisi terakhir lahan yang terbakar baru dapat dipadamkan pada pukul 14.30 WIB. Pemadaman dan pendinginan lokasi kebakaran lahan milik masyarakat dilakukan menggunakan mesin pemadam portable sebanyak 4 unit.

Tampak pula keikutsertaan dari segenap jajaran Polres Inhil dalam upaya pemadaman dan pendinginan lokasi lahan milik masyarakat yang terbakar, seperti Kasat Reskrim Polres Inhil, Kasi Propam Polres Inhil, Kapolsek Tembilahan Hulu dan personel Polres Inhil serta Polsek Tembilahan Hulu sejumlah 26 personel.

Sementara dari pihak TNI dan BPBD Inhil, diketahui turut terlibat aktif dalam pemadaman dan pendinginan lahan milik masyarakat saat itu, Danramil 01/Tembilahan diwakili oleh Pelda Pelda Agus beserta personel Koramil 01/Tembilahan dan BPBD Inhil masing-masing sebanyak 2 orang dan 30 orang personel. (Ms)

Loading...
BERITA LAINNYA
Bupati Wardan Buka Festival Menongkah Tahun 2019
Sabtu, 16 November 2019 | 21:14
BERIKAN KOMENTAR
Top