• Home
  • Inhil
  • Siap Tingkatkan Kualitas, Bupati Wardan Lantik Pengurus DKIH

Siap Tingkatkan Kualitas, Bupati Wardan Lantik Pengurus DKIH

Senin, 16 September 2019 | 12:15
INHIL, RIAUGREEN.COM - Bupati Inhil Drs HM Wardan MP melantik pengurus Dewan Kesenian Indragiri Hilir (DKIH) masa khitmad 2019-2024 di Lapangan Gajahmada Tembilahan. Acara tersebut berlangsung Ahad, (15/9/2019).

Adapun yang dilantik malam itu, Ketua Umum H D Effendi, Ketua Harian Drs Edy Dafri, Sekretaris Fahyunani Zaini SPd dan sejumlah pengurus lainnya. Dalam sambutannya, Bupati Inhil mengucapkan selamat kepada para pengurus DKIH yang baru dilantik, dan berharap bisa langsung menjalankan tugasnya.

"Atas nama pemerintah  Kabupaten Inhil kami mengucapkan selamat kepada Pengurus DKIH, diharapkan melalui seni dan budaya ini bisa membawa Inhil ke kancah Nasional maupun Internasional," ujar HM Wardan.

Lebih lanjut Wardan menjelaskan, untuk memenklatur Dewan Kesenian Indragiri Hilir (DKIH) seharusnya sudah merujuk pada Dewan Kesenian Riau Indragiri Hilir (DKR Inhil). Termasuk Anggaran Dasar dan Anggran Rumah Tangga juga merujuk pada AD/ART yang dimiliki Dewan Kesenian Riau.

"Selama ini DKIH masih menumpang di Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Kebudayaan (Diparporabud), nanti dengan adanya AD/ART sendiri bisa mendaftar di Kesbangpol, dan jika setelah tahun ketiga sudah bisa mengajukan dana hibah," ujar Bupati.

Dengan demikian DKIH tidak lagi bergantung pada dinas, tapi sudah bisa membuat anggaran sendiri untuk melalukan kegiatan. "DKIH juga bisa menggarap potensi seni yang ada untuk dikembangkan," tambah Wardan.

Adanya DKIH ini juga diharapkan menjadi payung atau wadah tempat berkaryanya insan-insan seni Inhil. Sehingga bisa berkarya lebih maksimal.

Sementara itu Ketua DKIH Inhil HD Effendi mengucapkan terimakasih atas bimbingan dan arahan Bupati selama ini. Pihaknya berharap, dengan adanya kerjasama yang baik antara Pemkab dan Seniman di Inhil bisa mempermudah apa yang nenjadi visi dan misi DKIH kedepan.

"Tujuan kita adalah untuk meningkatkan kualiatas seni, kualiatas insan seni, kualiatas hidup para penggiat seni, sehingga kedepan para seniman di Inhil bisa diperhitungkan,"katanya. 

Untuk itu dalam waktu dekat ini DKIH akan membentuk Dewan Kesenian Kecamatan (DKK). Dengan terbentuknya DKK nantinya diharapkan bisa ikut mengembangkan kesenian yang ada. (Muridi Susandi)

Loading...
BERITA LAINNYA
Kapolres Inhil Terjun Langsung Padamkan Karhutla
Sabtu, 12 Oktober 2019 | 10:18
BERIKAN KOMENTAR
Top