• Home
  • Inhil
  • Ikut Kampanyekan Calon, Kades di Inhil Ini Dibui 8 Bulan

Ikut Kampanyekan Calon, Kades di Inhil Ini Dibui 8 Bulan

Kamis, 07 Februari 2019 | 11:48
foto int
Ilustrasi
INHIL, RIAUGREEN.COM - Kucuran dana yang berada dalam kendali para kepala desa (kades), diharapkan tak membuat para kades terlibat politik praktis. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Riau, Syariffudin, menyikapi adanya Kades yang dipenjara lantaran mengkampanyekan seorang caleg di Kabupaten Indragiri Hilir.

"Aparatur desa mestinya paham ada ganjaran penjara, bila nanti terlibat politik praktis. Jadi jauhi hal tersebut," ungkapnya kepada Gatra.com, Rabu (6/02).

Sebelumnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau menyebut seorang Kades bernama Syahrial harus mendekam dipenjara selama delapan bulan. Hal tersebut sebagai imbas dari keikutsertaan Syahrial yang memfasilitasi kegiatan silaturahmi Caleg DPR RI di Desa Teluk Sungka, Kecamatan Gaung Anak Serka pada 5 Desember 2018.

Pada kesempatan ini Syahrial secara terang-terangan mengajak untuk memenangkan caleg pilihannya tanpa ia sadari bahwa kegiatan tersebut direkam oleh salah seorang Pengawas Kelurahan/Desa setempat.

Masih menurut keterangan Bawaslu Riau, hakim di Pengadilan Negeri (PN) Tembilahan, memvonis Syahrial dengan hukuman 8 bulan penjara dan denda Rp5 juta subsider 2 bulan.

Vonis putusan tersebut lebih berat dibanding dengan tuntutan jaksa penuntut umum dengan tuntutan hukuman 3 bulan penjara dan denda sebesar Rp5 juta subsider 2 bulan

Syahrial dinilai hakim terbukti telah melanggar Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) Pasal 490 dengan ikut mengajak pemilih memenangkan salah satu caleg.

Dikatakan Syariffudin, selaku pengguna anggaran, seorang Kades saat ini punya pengaruh yang lebih besar dibanding beberapa tahun silam. Hal tersebut dengan sendirinya membuat posisi Kades menjadi strategis. Alhasil berbagai godaan untuk melakukan pelanggaran pun muncul.

"Kita tentu berharap para Kades bersikap bijak di tahun politik ini. Jangan sampai tergoda melakukan politik praktis, atau pelanggaran lainya yang merugikan diri Kades sendiri," tegasnya. (rdk)



Loading...
BERITA LAINNYA
Sekda Inhil Ikuti Vicon Pemilu 2019
Jumat, 19 April 2019 | 13:10
Bupati Wardan Minta Warga Tunggu Hasil Resmi
Kamis, 18 April 2019 | 15:10
Wakil Bupati Inhil Kunjungi PT GIN
Minggu, 14 April 2019 | 22:42
BERIKAN KOMENTAR
Top