• Home
  • Inhil
  • Bawaslu Inhil Dinilai Minim Beri Edukasi Tata Cara Melapor Dugaan Temuan Pelanggaran Pemilu

Bawaslu Inhil Dinilai Minim Beri Edukasi Tata Cara Melapor Dugaan Temuan Pelanggaran Pemilu

Senin, 21 Januari 2019 | 11:42
Yudhia Perdana Sikumbang (kanan)
INHIL, RIAUGREEN.COM - Bawaslu Harusnya gencar mensosialosasikan tatacara pelaporan pelanggaran pemilu setidaknya di media cetak atau pun media online, biar masyarakat tau bagaimana caranya melaporkan Peserta, pelaksana ataupun tim kampanye yang melakukan pelanggaran pemilu apalagi saat-saat seperti ini dimasa kampanye.

Demikian diutarakan Advokat Muda Inhil Yudhia Perdana Sikumbang, kepada riaugreen.com, Minggu 20 Januari 2019.

"Jangan nantinya karena keawaman masyarakat yang mendapati temuan pelanggaran di lapangan dikarenakan syarat formil dan materilnya tidak sesuai prosedur yang diatur, ujung-ujungnya laporan temuan termentahkan," ucapnya.

Pria yang akrab disapa Yudhi menuturkan, Sebagai contoh dalam hal temuan untuk melapor yang mana Bawaslu membatasi paling lambat yaitu tujuh hari kerja sejak ditemukan temuan pelangngaran, diluar itu tidak dapat diproses.

"Menurut hemat saya ini sangat aneh, kenapa? Agak aneh saja rasanya aturan untuk melapor, kan adanya temuan dalam jangka 7 hari, Masa dalam suatu tindak pidana, orang yang diduga bersalah dengan bukti permulaan yangg cukup diampuni karena mekanisme tujuh hari itu, agak rancu menurut saya jika berbicara penegakan hukum jika logika hukumnya seperti itu, ditambah lagi bawaslu Inhil rasanya belum ada sosialisasi kepada publik terkait aturan dan tatacara melapor dugaan temuan pelanggaran pemilu," ungkapnya.

Padahal ini sangat penting juga untuk menunjang pemilu yang bersih dan berintegritas, harapan saya masyarakat diajari tatacara melaporkan temuan pelanggaran oknum peserta, pelaksana, maupun tim kampanye.  Karena bagi saya partisipasi semacam ini adalah kedewasaan dalam berdemokrasi, demikian tutup Yudhi. (ms)

Loading...
BERITA LAINNYA
Kebakaran Lahan di Inhil Capai 60 Hektar
Selasa, 13 Agustus 2019 | 15:20
BERIKAN KOMENTAR
Top