• Home
  • Inhil
  • Kabupaten Inhil Dikukuhkan Sebagai Kabupaten Peduli HAM

Kabupaten Inhil Dikukuhkan Sebagai Kabupaten Peduli HAM

Rabu, 12 Desember 2018 | 11:57
Bupati Wardan Terima Penghargaan Kemenkumham RI Secara Simbolis
INHIL, RIAUGREEN.COM - Kabupaten Inhil dikukuhkan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI. Selaku Kepala Daerah, Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan pun berhak menerima penghargaan tersebut secara simbolis.

Penyerahan penghargaan dilakukan pada puncak acara penganugerahan Kabupaten/Kota Peduli HAM dan Pelayanan Publik berbasis HAM di Kantor Kementerian Hukum dan HAM, Jalan HR Rasuna Said Jakarta, Selasa (11/12/2018) sore.

Penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia ini diterima untuk pertama kalinya oleh Kabupaten Inhil pada tahun 2018. Menurut Bupati, Kabupaten Inhil berhak menerima penghargaan tersebut karena tingginya komitmen Pemerintah Kabupaten Inhil dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan Hak Asasi Manusia.

Namun, hal yang terpenting dikatakan Bupati, keberhasilan Pemerintah Kabupaten Inhil ini dapat diraih berkat pemenuhan kriteria yang telah ditentukan dalam Permenkumham 34 Tahun 2016 tentang kriteria Daerah Kabupaten/Kota peduli HAM.

"Pencapaian ini tidak terlepas dari upaya Pemkab Inhil untuk terus melakukan pembinaan dan upaya mengembangkan wilayah menjadi Kawasan peduli HAM," pungkas Bupati dalam rangkaian acara memperingati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia Ke - 70 Tahun itu.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan, penghargaan yang diraih oleh Kabupaten Inhil didasarkan pada penilaian oleh Kemenkumham karena telah memenuhi hak atas di bidang kesehatan, hak atas di bidang Pendidikan, hak atas di bidang perempuan dan anak.

"Pemkab Inhil juga dianggap telah memenuhi hak atas di bidang kependudukan, hak atas di bidang pekerjaan, hak atas di bidang perumahan yang layak dan hak atas di bidang lingkungan yang berkelanjutan," tutur Bupati.

Dalam kesempatan ini, Bupati tidak lupa menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak atas bantuan dan dukungan sehingga Kabupaten Inhil mampu meraih penghargaan sebagai Kabupaten yang peduli terhadap HAM Tahun 2018.

"Pencapaian ini diraih atas bantuan dan dukungan dari semua sektor, jadi kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telibat dan kedepan kami akan tetap berusaha mempertahankan pencapaian ini", ucap Alumni APDN Angkatan Ke-9 itu.

Pada acara yang mengusung tema "Sinergi Kerja Peduli Hak Asasi Manusia" ini, turut hadiri Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla, Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia. (adv/ms)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top