• Home
  • Inhil
  • Bersama Pemuda Dan Mahasiswa Inhil, Profesor Wisnu Gardjito Komitmen Terjun Langsung Edukasi Petani Kelapa

Bersama Pemuda Dan Mahasiswa Inhil, Profesor Wisnu Gardjito Komitmen Terjun Langsung Edukasi Petani Kelapa

Jumat, 11 Mei 2018 | 13:57
INHIL, RIAUGREEN.COM - Ahli Kelapa Dunia, Profesor Wisnu Gardjito berkomitmen, bersama Pemuda dan Mahasiswa asal Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), untuk terjun langsung mengedukasi masyarakat petani kelapa, Kamis (10/5/2018) pagi.

Komitmen tersebut diungkapkan oleh Guru Besar Institut Pertanian Bogor ini dalam pertemuan dengan sejumlah Pemuda Inhil yang berkunjung ke Kediamannya di kawasan Depok.

"Sehabis Ramadhan Saya akan datang ke Inhil. Target lama Saya di Inhil setahun. Di Inhil Saya akan memberikan edukasi berupa pelatihan sampai ke hal - hal teknis, seperti pengolahan kelapa menjadi sebuah produk jadi," ujar Prof Wisnu, sapaan akrabnya.

Penemu 1600 produk olahan berbahan baku kelapa ini juga bercita - cita mengembangkan produk - produk olahan berbahan baku kelapa yang langsung dikelola oleh masyarakat Kabupaten Inhil.

"Seperti yang kita tahu, Inhil merupakan daerah dengan lahan perkebunan kelapa terluas di dunia. Ini adalah potensi besar," kata Prof Wisnu.

Prof Wisnu mengaku telah membuat grand design pengembangan produk olahan berbahan baku kelapa khusus bagi Kabupaten Inhil.

"Di tahap awal kita akan berfokus pada produk briket, minyak goreng putih dan cocovit (media tanam, red). Produk ini akan didorong menjadi komoditas beorientasi ekspor maupun sebagai pemenuhan kebutuhan domestik," pungkas Prof Wisnu.

Mengenai motivasi untuk terjun langsung memberikan edukasi terhadap para petani, diungkapkan Prof Wisnu berawal dari kedatangan sejumlah Pemuda dan Mahasiswa asal Kabupaten Inhil ke kediamannya.

"Terus terang, Saya merasa terharu sekaligus bangga melihat tekad dan usaha mereka memperjuangkan pengembangan harga kelapa. Di usia muda, mereka telah berpikir besar. Itu yang membuat Saya tersentuh," tandas Prof Wisnu. (sandi) 

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top