• Home
  • Inhil
  • Khotib di Masjid Nurul Huda, HM Wardan Ajak Jama'ah Hidupkan Sunah Nabi

Khotib di Masjid Nurul Huda, HM Wardan Ajak Jama'ah Hidupkan Sunah Nabi

Jumat, 16 Februari 2018 | 20:55
INHIL, RIAUGREEN.COM Jama'ah Masjid Besar Nurul Huda, Kelurahan Harapan Tani, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tampak hanyut mendengarkan kisah riwayat Ibnu Abbas R.A yang disampaikan oleh Khatib HM Wardan, Jum'at (16/2/2018).

HM Wardan mengisahkan mengenai Ukasyah bin muhsin yang ingin melakukan qishas (memberikan hukuman setimpal) dengan mencambuk Nabi Muhammad S.A.W, karena Ukasyah mengaku jika Rasulullah pernah mencambuknya.

"Saat dekat dengan waktu wafatnya rasulullah memerintahkan bilal untuk adzan. Memanggil umat untuk shalat berjama'ah, maka berkumpulah kaum muhajirin dan anshor ke masjid nabawi. Saat itulah Rasulullah mempersilahkan kepada umatnya yang merasa pernah tersakiti olehnya dipersilahkan untuk melakukan qishas," ujar HM Wardan.

Meskipun sahabat sahabat dan cucu Rasulullah menawarkan diri untuk menggantikan Rasulullah menghadapi qishas tersebut, namun Ukasyah tetap bersikukuh untuk melakukannya kepada rasulullah.

Namun hal itu nyatanya hanya akal akalan Ukasyah agar dirinya bisa bertatapan dan dekat langsung dengan Rasulullah.

"Yang ternyata sengaja berbuat demikian hanyalah karena berharap agar kulit yang hina ini dapat menyentuh tubuh engkau yang mulia. Dan agar supaya Allah dengan kehormatan engkau dapat menjagaku dari sentuhan api neraka," tutur HM Wardan menirukan dialog Ukasyah kepada Nabi.

Berdasarkan kisah tersebut, HM Wardan mengajak umat islam untuk mencintai rasulullah dengan mengenal lebih jauh mengenai sosok rasulullah.

"Sudah semestinya bagi kita untuk kembali menghidupkan sunah beliau. Untuk mencintai rasul kita harus banyak mengetahui tentang beliau. Mari kita lihat lebih jauh sosok baginda rasulullah," ajak Bupati.

Kehadiran HM Wardan di Masjid Besar Al Huda, Kelurahan Harapan Tani, Kecamatan Kempas dalam rangka memenuhi undangan pengurus Masjid untuk menjadi Khatib. 

HM Wardan yang pada saat ini memang diketahui sedang dalam masa cuti sebagai Bupati Inhil dan libur kampanye, memang kerap kali menjadi Khatib Shalat Jum'at di berbagai kesempatan.

Kehadiran HM Wardan yang juga didampingi H Syamsuddin Uti pun menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat setempat yang tidak menyangka akan kehadiran sosok ramah yang disebut sebut sebagai tokok pembangunan desa Inhil tersebut. (Sandi)

BERITA LAINNYA
Bupati Inhil Resmikan Peluncuran Sistem InPAS
Senin, 16 Juli 2018 | 22:03
BERIKAN KOMENTAR
Top