• Home
  • Inhil
  • Bupati Inhil Serahkan Bantuan 10 Unit Kapal Motor Fiber Kepada Sejumlah Nelayan Lokal

Bupati Inhil Serahkan Bantuan 10 Unit Kapal Motor Fiber Kepada Sejumlah Nelayan Lokal

Minggu, 24 September 2017 | 19:36
INHIL, RIAUGREEN.COM - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyerahkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Inhil berupa 10 (Sepuluh) unit Kapal Motor Fiber kepada sejumlah Nelayan Lokal, Minggu (24/9/2017) pagi.

Bantuan Kapal Motor fiber bertipe mesin GT 2 (Dua) diserahkan dengan tujuan untuk mendukung segala aktifitas yang dilakukan oleh para nelayan - nelayan lokal yang terhimpun dalam 10 (Sepuluh) Kelompok Usaha Bersama (KUB).

"Alhamdulillah, hari ini kita bisa menyerahkan sejumlah bantuan kapal motor bagi para nelayan kita. Tentunya, ini berguna untuk menunjang aktifitas mereka sebagai nelayan saat mencari ikan di laut," kata Bupati usai menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan masing - masing KUB di Desa Pulau Cawan, Kecamatan Mandah.

Bupati Wardan menuturkan, aktifitas mencari ikan yang dilakoni oleh para nelayan, sejatinya dapat berdampak positif terhadap ekosistem laut, khususnya di perairan Indragiri. Sebab, lanjutnya, hal tersebut berfungsi sebagai penyeimbang ekosistem dari jumlah populasi ikan yang ada di perairan Indragiri.

Bupati Wardan berharap, melalui bantuan yang diberikan, nelayan yang telah menerimanya akan dapat menjalankan rutinitas mencari ikan secara optimal sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan para nelayan lokal.

"Kita berharap bantuan kapal motor yang diberikan dapat bermanfaat meningkatkan hasil tangkapan sehingga pendapatan sehari - hari para nelayan akan turut meningkat yang berimbas positif pada peningkatan kesejahteraa nelayan - nelayan lokal kita," ujar Bupati Wardan.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Inhil, Mukhtar T menjelaskan, bantuan kapal motor fiber bertipe mesin GT 2 diberikan dengan alasan, kapal motor dengan tipe mesin GT diatasnya, seperti GT 5 akan memakan biaya operasional yang lebih tinggi.

"Kalau GT 2 biaya operasionalnya relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan GT diatasnya. Selain itu, GT 2 juga ideal untuk digunakan para nelayan dalam menangkap ikan di areal 5 sampai 7 mil laut. Jadi, memang GT 2 lah pilihan yang tepat untuk diberikan bagi nelayan - nelayan kecil lokal kita ini," terang Mukhtar T.

Untuk diketahui, 10 kelompok Usaha Bersama (KUB) yang mendapatkan bantuan Kapal Motor Fiber GT 2 dari Pemerintah Kabupaten Inhil ialah sebagai berikut:

1. KUB 'Ikan Lome', Desa Bekawan, Kecamatan Mandah.

2. KUB 'Pulau Cawan', Desa Pulau Cawan, Kecamatan Mandah.

3. KUB 'Pulau Kelayang', Desa Belaras, Kecamatan Mandah.

4. KUB 'Pulau Ruku Jaya', Desa Pulau Ruku, Kecamatan Reteh.

5. KUB 'Mamiri', Desa Kuala Patah Parang, Kecamatan Sungai Batang.

6. KUB 'Pulau Baso', Desa Sungai Bela, Kecamatan Kuindra.

7. KUB 'Kijang Putih', Desa Sungai Iliran, Kecamatan GAS.

8. KUB 'Pulau Air Tawar', Desa Sungai Buluh, Kecamatan Kuindra.

9. KUB 'Mona Lestari', Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah.

10. KUB 'Concong Dalam', Desa Concong Dalam, Kecamatan Concong. (adv/Diskominfo/sandi)

BERITA LAINNYA
Pelaku Penikaman Anggota Sapol PP di Inhil Dibekuk
Senin, 11 Desember 2017 | 12:43
BERIKAN KOMENTAR
Top