• Home
  • Inhil
  • Polres Inhil Siap Rekrut Siswa Berprestasi untuk Menjadi Anggota Polri

Polres Inhil Siap Rekrut Siswa Berprestasi untuk Menjadi Anggota Polri

Senin, 11 September 2017 | 18:48
INHIL, RIAUGREEN.COM - Kepolisian Resort Indragiri Hilir akan memberi bimbingan dan pelatihan bagi siswa yang berprestasi di akademik, olah raga maupun bidang yang lain dan berminat menjadi anggota Polri. 

Hal itu dikatakan Wakil Kepala Kepolisian Resor Indragiri Hilir Komisaris Polisi DR. H. Azwar, S.Sos, M.Si, MH, saat sosialisasi Program Binlat bagi putra - putri Kabupaten Indragiri Hilir, di Ruang Tri Brata Pokres Indragiri Hilir, Senin, (11/9/2017).

Dihadapan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Indragiri Hilir DR. Ferryandi, ST, MM, Kadis Nakertrans Kabupaten Indragiri Hilir Drs. H. Masdar, MH, Kadis Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir diwakili oleh Sesdisdik Drs. Arpan Azazi, M.Pd, Kadis Porabudpar Kabupaten Indragiri Hilir diwakili Kabid Kepemudaan H. Anwar, S.Sos, Kadis Dukcapil Kabupaten Indragiri Hilir diwakili Kabid SIAK Ir. Feri Sumardi, MT, Psikolog Lilly Elwina, M.Psi, Kabag Ren Polres Indragiri Hilir Komisaris Polisi Sangkut Suryadiningrat, S.Sos, M.Si, Kabag Sumda Polres Indragiri Hilir Komisaris Polisi H. Asmar dan Para Kasat, Kasi, Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas Polsek dalam jajaran Polres Indragiri Hilir.

Wakapolres memaparkan bahwa sosialisasi ini adalah meneruskan kebijakan Kapolri tentang rekrutmen anggota Polri tahun 2018, yang akan dipilih dari 10 besar Siswa SLTA setingkat, bibit unggul dan berprestasi, baik di bidang akademik, olah raga, hafiz Al Quran dan bidang lainnya. Unuk menyikapi hal itu, Polres Indragiri Hilir tidak bisa berkerja sendiri dan harus bersinergi dengan Instansi terkait. 

Wakapolres menambahkan bahwa para peserta nantinya akan diberi materi pelatihan kesamaptaan, psikologi dan akademik serta kesehatan, yang dijadwalkan akan dilaksanakan dalam waktu yang tidak mengganggu proses belajar di sekolahnya. 

Diharapkan dengan pelatihan ini, para calon, akan siap secara fisik dan mental, kesehatan, jasmani dan akademik dalam mengikuti seleksi Akpol, Brigadir dan Tamtama Polri, sehingga outputnya, mereka akan menjadi anggota Polri yang berkompeten. 

Namun dilain hal, Wakapolres mengingatkan, bahwa pelatihan ini bukan jaminan bahwa mereka akan langsung lolos seleksi. Semua kembali kepada kemampuan calon, untuk bersaing dengan peserta seleksi lainnya.

Sejalan dengan pernyataan Wakapolres, Sesdis Pendidikan menyambut baik program ini, karena sebelumnya, program seperti ini belum pernah ada. Banyak dari para calon yang gagal karena ketidaktahuan tentang materi tes dan kriteria yang disyaratkan. 

Dengan program ini, diharapkan, pada tahun - tahun mendatang ada anak - anak dari pelosok di Kabupaten Indragiri Hilir bisa menjadi anggota Polri.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Indragiri Hilir juga memberikan apresiasi yang tinggi dan memyatakan pihaknya sangat mendukung langkah Polri atas program rekrutmen ini. 

Program ini adalah langkah yang sangat baik, untuk memberikan kesempatan kepada putra putri daerah untuk bertarung dalam seleksi menjadi anggota Polri. DPRD akan bekerjasama dengan Disdik dalam membuat payung hukumnya, agar bisa dianggarkan pendanaannya.

Terakhir Kabag Sumda mengatakan bahwa pada tahun 2016, dari Kabupaten Indragiri Hilir, ada 8 orang yang lolos seleksi menjasi anggota Polri, dan setelah menjadi anggota Polri, mereka kembali ditempatkan di Polres Indragiri Hilir. 

Pada tahun 2017 ini, sebanyak 14 orang putra - putri terbaik Indragiri Hilir lolos seleksi dan sekarang sedang menjalani pendidikan di Lemdik Polri. Sesuai dengan motto local job for local boy, setelah menjalani pendidikan, mereka akan dikembalikan ke Indragiri Hilir, untuk mengabdi pada daerah dan  masyarakat yang sudah mereka kenal. 

Kabag mengingatkan bahwa jangan percaya pada orang - orang yang berjanji akan bisa membantu meloloskan dari seleksi, karena yang bisa membantu, hanya diri sendiri dengan kemapuannya dan Taqdir Tuhan Yang Maha Kuasa. (sandi)

BERITA LAINNYA
Dandim Inhil Ajak Nobar Film G 30 S/PKI
Selasa, 19 September 2017 | 20:36
Sekda Inhil: Olahraga Suatu Kebutuhan Dalam Kehidupan
Selasa, 19 September 2017 | 20:35
Api Lalap Hangus 8 Unit Rumah di Inhil
Senin, 18 September 2017 | 21:33
Dua Unit Rumah Dinas SDN 006 Ludes Dilalap Api
Senin, 18 September 2017 | 10:15
BERIKAN KOMENTAR
Top