• Home
  • Inhil
  • Disparporabud Inhil Matangkan Persiapan Festival Menongkah 12 Agustus Mendatang

Disparporabud Inhil Matangkan Persiapan Festival Menongkah 12 Agustus Mendatang

Rabu, 09 Agustus 2017 | 22:56
Kasi Pengembangan Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Disparporabud Inhil, Esti Naruliza, S.Sos, M.Si, bersama Ketua Panitia Pelaksana, Sarpan Firmansyah, S. Pi, mematangkan persiapan Festival Menongkah pada 12 Agustus 2017 mendatang
INHIL, RIAUGREEN.COM - Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) kembali menggelar event Menongkah Heritage guna untuk memperkaya Khasanah Budaya Inhil.

Kegiatan tersebut rencananya diselenggarakan hari Sabtu tanggal 12 Agustus 2017 yang dipusatkan di Pantai Bidari Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah yang sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata pesisir - Ekowisata sejak tahun 2010 ini.

Seperti disampaikan Kepala Disparporabud Inhil, Junaidy Ismail, melalui Kasi Pengembangan Destinasi dan Pemasaran Pariwisata, Esti Naruliza, S.Sos, M.Si,  mengatakan, kegiatan Festival Menongkah Heritage ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

"Ini untuk memperkenalkan kepada dunia luar bahwa etnis Duanu juga memiliki kebudayaan yang menunjukan bahwa mereka memiliki semangat juang yang tinggi dan memperkaya khasanah budaya di Inhil," kata Hesti, saat diwawancarai riaugreen.com di sela - sela survey kesiapan pelaksanaan festival Menongkah, Rabu (9/8/2017).

Sementara itu, Ketua Pelaksana Festival Menongkah, Sarpan Firmansyah, S. Pi menjelaskan,  selain kegiatan Menongkah, ada beberapa kegiatan juga dilaksanakan pada tahun ini, diantaranya lomba merapah (berjalan diatas lumpur) dan lomba lompat lumpur. 

Festival kali ini yang mengangkat tema 'Lestarikan Budaya Menongkah sebagai Icon Budaya Daerah Kabupaten Indragiri Hilir', juga menampilkan aktraksi Menongkah, fenomena sampan Kajang, permainan titian lumpur dan peragaan aktivitas kesenian masyarakat Duano. 

"Menongkah ini merupakan bagian budaya yang unik dan eksotis, serta hanya dapat ditemui di kalangan etnis Duanu saja," ungkap penggagas Festival Menongkah, Sarpan Firmansyah, S. Pi, saat berbincang- bincang di kantor Desa Tanjung Pasir Kecamatan Tanah Merah, Rabu, (9/8/2017). 

Berdasarkan pantauan di lapangan, masyarakat setempat sedang sibuk mempersiapkan perlengkapan dan atribut yang akan digunakan pada Festival Budaya Duanu yang pelaksanaanya tinggal 2 hari lagi ini. 

Sejak tahun 2008, Festival Menongkah ini sudah dilaksanakan dan telah meraih rekor Muri Menongkah dengan peserta terbanyak dan Rekor mandi lumpur di atas papan tongkah dengan peserta terbanyak.

Rencananya event wisata pesisir ini dibuka langsung oleh Bupati Inhil HM Wardan dan juga dihadiri seluruh anggota DPRD Inhil asal daerah pemilihan 5.(adv/diskominfo/Sandi)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top