• Home
  • Inhil
  • Longsor di Inhil Riau, Tiga Rumah Runtuh ke Sungai

Longsor di Inhil Riau, Tiga Rumah Runtuh ke Sungai

Selasa, 27 Juni 2017 | 16:21
INHIL, RIAUGREEN.COM - Telah terjadi bencana alam tanah longsor terhadap pemukiman warga, yang terjadi pada hari Selasa tanggal 27 Juni 2017, sekira pukul 11.30 Wib, di Jalan Makmur Tepi Laut RT.01 RW. 01 Kel. Kuala Enok Kec. Tanah Merah. 

Bencana alam tanah longsor tersebut telah menyebabkan kerusakan pada jalan, pelabuhan dan rumah pemukiman warga.

Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung S.IK, melalui Kapolsek Tanah Merah AKP Kadmadi, mengatakan bahwa akibat bencana alam tanah longsor tersebut telah menyebabkan 3 unit rumah masing - masing milik Rendi, Alek dan milik Unyong yang disewakan pada Marni, Pelabuhan Sandrego dan pelantar kayu / jalan kayu lebih kurang sepanjang 20 meter di Jln. Merdeka Tepi Laut RT 01 RW 01 Kel. Kuala mengalami rusak berat.

1 unit rumah milik Acai dan Buyung Kahar, mengalami rusak ringan.

Pelabuhan Sandrego di Jln. Makmur Tepi Laut Kel. Kuala Enok Kec. Tanah Merah mengalami rusak ringan.

Longsornya tanah dan rumah diketahui pertama kalk  ketika Rendi yang sedang berada di rumahnya, merasakan ada gerakan , kemudian Rendi keluar rumah dan melihat tanah dibawah rumahnya mulai retak. 

Melihat hal tersebut, lalu Rendi segera mengeluarkan barang-barang yang ada di dalam rumahnya. Tepat pada saat dia mengeluarkan barang-barang isi rumah, getaran kembali terasa di seluruh rumahnya dan tanpa menunggu lagi, Rendi langsung berlari keluar rumah sambil berteriak akan longsor. Ketika di luar rumah itulah, Rendi melihat, rumahnya mulai bergerak runtuh ke sungai.

Dalam kejadian musibah tanah longsor tersebut tidak terdapat korban jiwa, sedangkan kerugian ditaksir sekitar lebih kurang Rp. 450.000.000,.

Dugaan awal terjadinya musibah tanah longsor disebabkan oleh abrasi air sungai, hal ini dikarenakan pemukiman rumah masyarakat yang mengalami musibah longsor berada disepanjang pinggir sungai Kuala Enok dan pada saat terjadinya musibah tanah longsor air dalam keadaan sedang surut.

Hingga saat ini pemerintah Kecamatan Tanah Merah  dan Polsek Tanah Merah serta masyarakat setempat sedang melakukan pendataan terhadap identitas pemilik rumah dan mengevakuasi barang-barang milik pemilik rumah yang masih bisa diselamatkan sedangkan terhadap warga pemilik rumah yang mengalami musibah tanah longsor ditempatkan dirumah kerabat dan dirumah masyarakat disekitar TKP tanah longsor.

Keterangan para masyarakat sekeliling,  tanda - tanda longsong dari tadi pagi sudah ada,  sehingga para korban atau masyarakat sekeliling sudah mengevakuasi barang - barang ketempat yang aman. (sandi)



BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top