• Home
  • Hukum
  • YouTuber Aleh Aleh Khas Medan Jalani Sidang Kasus Hina Istri Nabi Hari Ini

YouTuber Aleh Aleh Khas Medan Jalani Sidang Kasus Hina Istri Nabi Hari Ini

Kamis, 06 Agustus 2020 | 11:08
detikcom
Ilustrasi ujaran kebencian
RIAUGREEN.COM - YouTuber Rahmat Hidayat atau yang dikenal dengan nama Aleh Aleh Khas Medan bakal menjalani sidang perdana kasus dugaan ujaran kebencian terkait SARA hari ini. Agenda sidang perdana yakni pembacaan dakwaan.

Dilihat dari situs Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Medan, sidang bakal digelar di Ruang Cakra V, PN Medan, pukul 13.00 WIB, Kamis (6/8/2020).

"Nomor perkara 2032/Pid.Sus/2020/PN Mdn, terdakwa Rahmat Hidayat alias Aleh sidang pertama," demikian tertulis di situs tersebut.

Kasus ini berawal pada April 2020 saat Rahmat dan rekan-rekannya membuat video cover lagu berjudul Aisyah. Dalam video itu, terlihat Rahmat berpura-pura kerasukan dan membuka celana.

Video itu kemudian viral. Aksi Rahmat dalam video itu kemudian dinilai sejumlah orang tidak sopan dan dianggap melecehkan Aisyah karena isi lagu tersebut bercerita tentang sifat dan kebaikan Aisyah selaku istri Nabi Muhammad.

Rahmat kemudian dilaporkan ke polisi dengan tuduhan melakukan ujaran kebencian terkait SARA. Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan mengamankan Rahmat.

Dia kemudian dijerat sebagai tersangka. Rahmat dipersangkakan melanggar Pasal 28 juncto 45A UU ITE yang mengatur larangan orang untuk menyebarkan ujaran kebencian terkait SARA.

Selain itu, Rahmat juga pernah dilaporkan ke polisi oleh sekelompok orang karena diduga menghina warga Belawan saat melakukan stand-up comedy. Rahmat saat itu diduga menyampaikan ujaran kebencian terkait ucapannya, 'Coba aja film Dilan syutingnya di Belawan, daerah konflik, mafia semua ada di situ'. Dia kemudian meminta maaf usai dilaporkan ke polisi.(detik.com)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top