• Home
  • Hukum
  • Bersama Kompotan, Finalis Indonesian Idol Diduga Jadi Otak Pencurian

Bersama Kompotan, Finalis Indonesian Idol Diduga Jadi Otak Pencurian

Kamis, 20 September 2018 | 13:21
foto video liputan6
RIAUGREEN.COM - Salah satu finalis Indonesian Idol 2008, Dede Richo Ramalinggam alias Dede Idol, menjadi otak dalam sejumlah kasus pencurian bermodus pecah kaca. Ia ditangkap oleh kepolisian setempat di wilayah Tangerang Selatan, Banten, Selasa (18/9) lalu.

"Iya benar salah satu pelakunya mantan finalis Indonesian Idol," ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Tangerang Selatan AKP Ahmad Alexander Yurikho dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/9).

Malang melintang menjadi seorang penyanyi, kini Dede harus merasakan dinginnya berada di balik jeruji bersama tiga komplotannya. Mereka adalah Deni Fredla yang juga kakak kandung Dede, Ben, dan Radol.

Penangkapan dilakukan kepolisian di salah satu kontrakannya yang berada di wilayah di Sewan Neglasari, Tangerang, Banten. Sementara kakak kandung Dede dan dua rekan lainnya diringkus di wilayah Cisauk, Tangerang, Banten.

Kasus ini terungkap ketika salah seorang korban pencurian bernama Lakshmana Yoza, melaporkan aksi pecah kaca pada kepolisian. Mobilnya yang terparkir di salah satu restoran makanan cepat saji wilayah BSD, Serpong, Tangerang Selatan dicongkel pada Sabtu (15/9) lalu.

"Pelaku melakukan perbuatanya dengan cara mencongkel kaca mobil memecahkan kaca mobil dengan pecahan keramik busi, atau mencongkel dengan mata besi yang sudah dimodifikasi," papar Alex.

Setelah menerima laporan, polisi langsung melakukan pemburuan. Pada saat penangkapan, Dede dan kakak kandungnya sempat berusaha untuk kabur sehingga kepolisian harus menembak kakinya.

Dalam penangkapan itu, polisi menyita satu tas berisi drone, lima buah mata besi yang digunakan untuk mencongkel kaca mobil, serta pecahan keramik busi.

Diduga Jadi Pencuri Setahun Terakhir

Dede Richo yang merupakan mantan finalis Indonesian Idol 2008 ternyata diduga sudah melakukan aksi pencurian selama setahun terakhir.

Dede Richo diringkus kepolisian karena terlibat pencurian bermodus pecah kaca mobil. Ia ditangkap bersama kakaknya, DFO (Deni Fredla Ochrels), 34 tahun, di kos-kosan daerah Tangerang, Banten, pada pekan lalu.

"Kurang lebih setahun terakhir dari pengakuan mereka, tapi masih kita compare," ujar Kapolres Tangerang Selatan AKBP Ferdy Irawan, Kamis (20/9).

Loading...
Dede Richo dan kakaknya terakhir kali beraksi di salah satu restoran cepat saji di Serpong, pada Sabtu lalu sekitar pukul 23.00 WIB. Berselang dua hari setelah kejadian, keduanya dibekuk polisi atas laporan korban.

Polisi juga masih menelusuri laporan-laporan serupa dari masyarakat terkait aksi Dede Richo dan kakaknya dalam setahun belakangan. "Ada laporan serupa dari masyarakat tapi masih kita cocokkan dulu. Apakah mereka juga yang melakukan," sambungnya.

Lebih lanjut mengenai kemungkinan keterlibatan Dede Richo dengan jaringan pencuri, Ferdi mengatakan bahwa sementara masih dilakukan secara individu. "Sementara dari pengakuan masih individu. Mereka berdua kakak adik karena motif ekonomi," tutupnya

(Sumber:Antara/Republika)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top