• Home
  • GreenStyle
  • Profil Singkat Soeman HS yang Namanya Diabadikan Sebagai Nama Puswil Riau

Profil Singkat Soeman HS yang Namanya Diabadikan Sebagai Nama Puswil Riau

Selasa, 17 Mei 2022 | 14:22
Wagubri Edy Natar Nasution berikan sambutan dalam acara peresmian SMAIT Soeman HS
PEKANBARU, RIAUGREEN.com -  Dalam acara peresmian SMAIT Soeman HS yang bertempat di jalan Gunung Raya Pekanbaru, Selasa (17/5) Ketua Yayasan SMAIT Soeman HS, Mashuri menjelaskan sejarah singkat mengenai filosofi dipilihnya nama Soeman HS menjadi nama sekolah tersebut.
Dalam sambutannya Mashuri mengungkapkan bahwa Soeman HS merupakan seorang tokoh pujangga sastra, bahasawan dan tenaga pendidik kelahiran Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, namun pindah dan besar di Kabupaten Bengkalis. Beberapa karya - karyanya berjudul Mencari Pencuri Anak Perawan, Kawan Bergelut, Kasih Tak Terlerai, Percobaan Setia, dan lain sebagainya

“Namun sangat disayangkan karya - karyanya ini tidak dicetak dan disebarluaskan sehingga generasi muda  Riau tidak mengetahuinya,” ujar Mashuri.
Pada tahun 1953, ia mendirikan SMA Setia Dharma. Lalu pada tahun 1962 mendirikan Yayasan Pendidikan Islam Riau. Hingga akhir hayatnya beliau merupakan ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau.

Dengan jasa – jasanya inilah nama beliau diabadikan namanya menjadi nama Perpustakaan Wilayah Riau.
“Cuma ada yang mengganjal dihati saya. Saya keliling di Puswil itu, tak ada nama Soeman HS. Hanya ada Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau,” jelas Ketua Yayasan SMAIT Soemah HS.

Pada kesempatan ini juga Mashuri berharap Wagubri Edy Nasution  dapat merubah hal ini, karena Soeman HS dipandang berjasa dalam menyumbang karya sastranya.

Menanggapi hal ini Wagubri langsung memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan untuk berkoordinasi dengan Dinas Perpustakaan Provinsi Riau untuk menelusuri, mencari dan menghimpun kembali karya – karya beliau (Soeman HS).
“Jika itu memang hak beliau, sudah ada keputusan seperti itu, bikinlah namanya. Sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap beliau,” jelas Wagubri.

Wagubri juga berharap dengan berdirinya SMAIT Soeman HS ini dapat memberikan edukasi terhadap masyarakat Riau.
“Tentu dengan berdirinya sekolah ini, bertambah pulalah kemampuan kita di Provinsi khususnya SLTA untuk mencetak anak – anak Riau tak hanya menjadi orang yang paham tentang ilmu dan teknologi namun juga memiliki akhlakul karimah,” tutup Wagubri.(mcr)



BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top