• Home
  • GreenStyle
  • Ditengah Wabah Virus Corona, Pakar Akdemik Barat Bahas Manfaat Wudhu

Ditengah Wabah Virus Corona, Pakar Akdemik Barat Bahas Manfaat Wudhu

Kamis, 19 Maret 2020 | 12:27
Foto kemenkes
RIAUGREEN.COM - Media dan para pakar akademik Barat mengulas praktik wudu umat Islam ketika virus corona jenis baru, COVID-19, menyebar ke seluruh dunia. Meski menganggap wudu yang diajarkan Nabi Muhammad bukan praktik higienis, namun mereka menggarisbawahi bahwa cara bersuci itu sebagai praktik kebersihan yang baik.

Ulasan tersebut muncul di The Conservation, sebuah sumber berita, analisis, dan komentar independen dari para pakar akademik. The Washington Post dan

AP juga ikut melansirnya, Senin (16/3/2020).

Dokumentasi Netflix baru-baru ini berjudul "Pandemic: How to Prevent an Outbreak (Pandemi: Cara Mencegah Wabah)" juga menggambarkan bagaimana ritual bersuci umat Islam, yang dikenal sebagai wudu, dapat membantu menyebarkan pesan kebersihan yang baik.

Dokumentasi itu berfokus pada Syra Madad, seorang spesialis kesehatan masyarakat Muslim di sebuah rumah sakit New York, yang mengambil waktu istirahat untuk salat di Islamic Center of New York University. Sebelum memasuki ruang salat, Madad berhenti untuk melakukan wudu, yang mencuci mulut, wajah serta kakinya.

Hukum Islam mengharuskan penganutnya untuk membersihkan tubuh secara ritual sebelum salat.

 "Sebagai seorang sarjana studi Islam yang meneliti praktik ritual di kalangan umat Islam, saya telah menemukan bahwa praktik ini mengandung manfaat spiritual dan fisik," kata Rose S. Aslan, pakar dari California Lutheran University. Akademisi perempuan ini aktif mengajar tentang agama-agama global, tradisi Ibrahim dan Islam.

Sumber: sindonews.com

Loading...
BERITA LAINNYA
Detik-detik Meninggalnya Penyanyi Didi Kempot
Selasa, 05 Mei 2020 | 12:18
Ingin Berlibur di Jepang? Pakai JR Tokyo Wide Pass
Selasa, 21 Januari 2020 | 09:46
Info Harga Tiket KLIA Ekspres
Senin, 18 November 2019 | 11:25
BERIKAN KOMENTAR
Top