Takut Naik Pesawat? Ini 5 Tips Jitu Menghadapinya

Rabu, 21 Agustus 2019 | 17:00

RIAUGREEN.COM - Buat sebagian orang, bepergian dengan menggunakan pesawat terbang adalah hal yang menyenangkan. Namun, enggak sedikit orang yang justru ketakutan saat harus menghadapi hal tersebut karena risikonya yang cukup tinggi. Meski takut, ada beberapa situasi yang membuat kamu tetap harus terbang. Eitss, jangan keringat dingin dulu. Ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan untuk menghalau rasa takut. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Pahami prosedur keamanan penerbangan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menghadapi ketakutan ini adalah mengetahui dan memahami prosedur keamanan penerbangan. Umumnya, masa-masa kritis pesawat adalah saat lepas landas dan hendak landing atau mendarat di bandara tujuan.

Itu sebabnya kenapa para penumpang pesawat harus bersiap-siap untuk menegakkan sandaran tempat duduk, menaikkan penutup jendela, hingga memasang sabuk pengaman di masa-masa tersebut.

2. Menyantap makanan atau minuman

Di sejumlah penerbangan umumnya menyediakan berbagai makanan dan minuman. Meski terkesan sepele, nyatanya hal tersebut merupakan sesuatu yang penting untuk membuat kamu lebih tenang.

Jika terbang naik maskapai bujet dengan promo tiket pesawat terbaru di traveloka, kamu bisa membeli teh atau kopi hangat agar lebih rileks. Selain itu, kamu juga bisa membeli makanan ringan yang dijual maskapai. Namun, jika naik maskapai full service, kamu bisa bisa minta kepada pramugari atau awak kabin untuk memberikan camilan selama penerbangan berlangsung.

3. Alihkan perhatian

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, untuk mengatasi ketakutan naik pesawat kamu membutuhkan sesuatu untuk mengalihkan perhatian. Daripada selalu memikirkan bahwa kamu sedang berada di ketinggian puluhan ribu kaki, lebih baik kamu sibukkan diri dengan beberapa aktivitas di dalam pesawat, seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau menonton film dari layar yang ada pada kursi penumpang di depanmu.

4. Perhatikan demonstrasi keselamatan

Sebelum lepas landas, kru kabin bakal melakukan demonstrasi keselamatan jika terjadi keadaan darurat. Namun sayangnya, ada sebagian orang yang enggak menghiraukan demonstrasi tersebut. Hal itu sangat penting sebagai tambahan pengetahuan kita. Nah, karena sudah paham prosedur keselamatan, kamu akan jadi lebih tenang dan merasa siap jika terjadi kondisi darurat.

5. Tenangkan diri saat terjadi guncangan

Turbulensi atau guncangan adalah hal yang wajar ditemui saat terbang dengan pesawat. Dalam kondisi tersebut badan rasanya seperti terguncang dan hal itu bisa bikin kita cemas atau bahkan ketakutan. Perlu diingat bahwa kejadian tersebut dikarenakan oleh faktor cuaca.

Anggap saja turbulensi sebagai guncangan yang kamu alami saat berkendara di dalam mobil yang melewati jalanan yang enggak rata atau bergelombang. Kamu bisa fokus pada hal lain dibandingkan pada turbulensi. Enggak cuma itu, kamu juga wajib untuk tetap menggunakan sabuk pengaman di kursi masing-masing jika terjadi turbulensi saat penerbangan.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa takut naik pesawat terbang. Semoga artikel berikut ini bisa membantu kamu, ya.


Loading...
BERITA LAINNYA
Detik-detik Meninggalnya Penyanyi Didi Kempot
Selasa, 05 Mei 2020 | 12:18
Ingin Berlibur di Jepang? Pakai JR Tokyo Wide Pass
Selasa, 21 Januari 2020 | 09:46
Info Harga Tiket KLIA Ekspres
Senin, 18 November 2019 | 11:25
BERIKAN KOMENTAR
Top