• Home
  • GreenStyle
  • Suara Lebih Halus, Cowok Ini Nyaman dengan Knalpot 'Bambunya'

Suara Lebih Halus, Cowok Ini Nyaman dengan Knalpot 'Bambunya'

Sabtu, 27 April 2019 | 23:28
RIAUGREEN.COM - Knalpot merupakan salah satu komponen dalam sepeda motor yang berfungsi untuk meredam suara bising dari mesin dan mengurangi polusi. Umumnya, komponen ini terbuat dari logam, berbentuk silinder dan dijejali beberapa filter di dalamnya.

Meskipun terbuat dari bahan yang kuat (logam), faktanya knalpot bisa mengalami kerusakan yang cukup parah. Misalnya knalpot mengalami bocor karena sudah keropos terkena karat, patah akibat terjatuh atau tabrakan, atau penyok karena benturan yang sangat keras.

Biasanya, saat knalpot mengalami kerusakan yang sangat parah, orang-orang akan langsung pergi ke bengkel untuk mengganti knalpot, atau minimalnya pergi ke tempat reparasi knalpot untuk memperbaiki knalpotnya yang rusak.

Tapi tidak dengan pria bernama Fang Jen, asal Guangxi Zhuang, China ini. Alih-alih mengganti knalpotnya dengan knalpot motor baru, atau minimalnya memperbaiki kerusakannya, dia malah menggantinya dengan selongsong bambu.

Dilansir dalam Autoevolution, apa yang dilakukan Fang Jen bukanlah hal yang diinginkan. Dia sebenarnya ingin seperti orang lain. Ketika ada masalah dengan sepeda motornya, bisa langsung membawanya ke bengkel untuk diperbaiki.

Sayang, ketika itu Fang Jen mengaku jika dirinya tidak punya cukup dana untuk melakukan perbaikan knalpot. Alhasil, dia pun memutar otak bagaimana caranya agar sepeda motornya tetap menggunakan knalpot, tidak bising, tapi dengan biaya yang sangat minim.

Setelah lama memutar otak, Fang Jen kemudian melihat selongsong bambu miliknya. Dia pun langsung berinisiatif untuk menggunakan potongan bambu tersebut sebagai pengganti knalpot sepeda motornya yang rusak.

Cara penggunaannya, knalpot asli motornya masih digunakan, hanya saja dia potong tepat di bagian penampangnya agar bisa masuk ke dalam bambu. Kebetulan, bagian knalpot yang mengalami kerusakan berada di bagian belakang atau bagian inti knalpotnya.

Dengan menggunakan karet ban dalam bekas, dia pun mengikat bambu tersebut agar bisa bersatu dengan sisa knalpotnya yang masih layak pakai. Setelah itu, dia pun kemudian memasang knalpot bambunya ini dengan cara mengikatnya menggunakan kawat.

Di luar dugaan, ternyata aksi kreatif karena kepepet ini malah membuat Fang Jen jadi terkenal, dan banyak netizen yang memuji kreativitasnya. Pasalnya, knalpot bambu ini berfungsi seperti layaknya knalpot normal, bahkan mengeluarkan suara yang sangat halus.

Menurut pengakuannya, motornya ini sudah menempuh perjalanan bermil-mil jauhnya, dengan kondisi knalpot yang berfungsi dengan maksimal. Bahkan karena suaranya yang adem banget, dia malah merasa sangat nyaman dengan knalpot bambunya ini, dan enggan menggantinya.

Sayang, tidak dijelaskan jenis bambu apa yang digunakan Fang Jen untuk mengganti knalpot motornya yang rusak. Cuma kalau melihat bentuknya, sepertinya dia menggunakan jenis bambu yang cukup banyak ditemukan di Indonesia.

Gimana menurutmu Gaes, idenya keren banget kan? Beda banget ya sama anak muda di kita. Mereka malah sengaja merusak (dibobok dan dilepaskan filternya) knalpot bawaan pabriknya agar suaranya jadi lebih berisik. Hadeuh, nggak bersyukur banget! (source:keepo.me)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top