4 Wisata Alam Terbaik di Jogjakarta

Senin, 21 Januari 2019 | 18:57
RIAUGREEN.COM - Yogyakarta merupakan salah satu kota dengan administrasi yang Istimewa karena memiliki Sultan sebagai pemimpin kerajaan. Kota yang sangat ramai dengan ragam penduduknya yang sangat ramah ini merupakan tujuan wisata paling populer seantero Pulau Jawa. Kepopuleran Yogyakarta tersebut dikarenakan lokasinya yang dekat dengan situs candi Borobudur, dan candi Prambanan yang memiliki kisah mistis yang amat kuat di situs tersebut.

Kota yang terkenal sebagai Kota Gudeg ini juga sering kali dikaitkan sebagai kota yang sarat akan kesenian tinggi dan terkenal sebagai kota pendidikan. Hal tersebut karena Yogyakarta memiliki banyak sekali sekolah dengan prestasi yang yang amat baik dan terbukti kualitasnya. Yogyakarta juga menawarkan beberapa spot untuk Anda berbelanja dan memiliki berbagai fasilitas wisata yang dapat Anda temukan di Kota Pelajar ini.

Namun ada beberapa hal menarik mengenai Jogjakarta yakni wisata alamnya yang sangat menggugah indera Anda. Dalam artikel ini, Anda akan diberikan informasi mengenai empat wisata alam terbaik di Jogja yang wajib Anda sambangi. Hanya dengan memesan tiket bus ke Jogja, Anda sudah dapat menikmati pemandangan alam yang tidak akan pernah Anda lupakan. 

Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Sedikit bergeser ke arah timur Yogyakarta, objek wisata selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Embung Nglanggeran yang terdapat di Kabupaten Gunung Kidul. Embung Nglanggeran sendiri adalah sebuah danau buatan yang dulunya digunakan untuk irigasi masyarakat sekitar. Indahnya alam di sekitaran Embung Nglanggeran membuat objek wisata ini kemudian dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata dan buka selama 24 jam penuh.

Hamparan danau buatan ini pun dikepung dengan tebing gunung api purba Nglanggeran yang tentunya semakin membuat view atau pemandangan di objek wisata ini semakin menarik. Sempatkanlah datang ke objek wisata ini pada siang hari, Anda pun akan menikmati keindahan sunrise dengan latar belakang perbukitan yang hijau. objek wisata ini pun telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap, diantaranya adalah parkir yang luas, toilet, gardu pandang, hingga pendopo dan warung.

Jika berkunjung pada musim kemarau, Anda bisa menikmati keindahan alam dengan berbalut kabut di lembah sekitar embung Nglanggeran. Harga tiket di objek wisata ini pun terbilang cukup terjangkau, yakni hanya Rp10.000 saja.

Air Terjun Kedung Pedut

Seperti telah disinggung sebelumnya, tempat wisata di Jogjaterbilang cukup lengkap terutama untuk wisata alamnya. Mulai dari pantai, pegunungan, air terjun, hingga wanawisata. Salah satu destinasi wisata selanjutnya  yang dapat Anda kunjungi adalah Air Terjun Kedung Pedut. Air terjun ini tepatya berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Destinasi wisata ini masih terbilang baru lantara baru dibuka dari Februari 2015. Daya tarik dari air terjun ini tentu saja jernihnya air yang terdapat pada kolam atau yang dalam bahasa jawanya disebut kedung.

Meskipun belum terlalu lama berdiri, namun objek wisata ini sudah well develop lantaran fasilitas yang disediakan cukup memadai. Beberapa fasilitas yang dapat Anda nikmati diantaranya adalah gardu pandang, toilet, kursi, pancuran buatan yang terbuat dari bambu, hingga jembatan bambu yang dapat dijadikan sebagai spot foto.

Tiket masuk objek wisata ini pun terbilang cukup terjangkau, yakni hanya Rp3.000 saja, dan untuk parkir motor hanya diwajibkan membayar Rp2.000, dan Rp5.000 untuk mobil.

Taman Sungai Mudal

Berada di kawasan Kulon Progo, tepatnya di Kecamatan Girimulyo, Desa Jatimulyo yang artinya tak jauh dari Curug Kedung Pedut terdapat satu objek wisata bernama Ekowisata Taman Sungai Mudal.

Tempat wisata di Jogja ini terbilang unik lantaran menjual suasana tenangnya aliran sungai. Selain itu fasilitas yang disediakan pun terbilang cukup lengkap, yakni terdapat fasilitas wifi. Untuk yang tertarik mengunjungi objek wisata ini terletak 1 jam jika ditempuh dengan kendaraan dari Kota Yogyakarta.

Objek wisata ini terbilang menyediakan paket wisata yang cukup lengkap, mulai dari sungai, kolam, hingga air terjun. Keberadaan sungai Mudal pun cukup bermanfaat bagi warga sekitar baik untuk konsumsi, hingga sumber irigasi bagi sawah-sawah sekitarnya.

Namun untuk yang tidak menyukai wisata air, dapat mencoba sensasi trekking ke Watu Wayang. Tempat ini adalah sebuah perbukitan yang konon katanya mirip seperti kelir wayang. objek wisata yang super lengkap ini, Anda hanya dikenakan biaya retribusi atau tiket seharga Rp4.000 saja, murah bukan?

Hutan Mangrove Kulon Progo

Masih di Kabupaten Kulon Progo, terdapat satu objek wisata yang jarang dikunjungi oleh wisatawan, yakni Hutan Mangrove Kulon Progo. Hutan mangrove ini membentang dari sungai Bogowonto dan berakhir hingga Pantai Congot.

Untuk yang hendak menuju tempat wisata di Jogja ini dapat mengambil rute ke arah jalan Wates. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju barat hingga mencapai terminal wates. Ikuti jalan dan di sekitar daerah tersebut akan terdapat banyak papan pemberi arah menuju Hutan Mangrove Pasir Mendit. Harga tiket untuk dapat menikmati objek wisata ini adalah seharga Rp3.000.

Loading...
BERITA LAINNYA
Aksi Mulia Indra Sjafri Viral di Vietnam
Senin, 25 Maret 2019 | 10:55
Siap-siap, Xiaomi Bakal Naikan Harga Ponsel
Sabtu, 09 Maret 2019 | 10:50
BERIKAN KOMENTAR
Top