3 Macam Doa yang Tidak akan Ditolak oleh Allah

Kamis, 17 Mei 2018 | 11:31
foto int
RIAUGREEN.COM - Doa merupakan cara manusia meminta segala sesuatu kepada Allah. Dengan berdoa yang khusyu dan tulus Allah akan mengabulkan permintaan hambanya sampai waktu itu tiba.

Tapi doa juga mesti dibarengi dengan usaha yang gigih agar keinginan segera terkabul. Namun ada tiga macam doa yang pasti diterima oleh Allah, artinya doa dari orang-orang ini tak pernah ditolak. Berikut rangkumannya seperti dikutip dari buku 'Serba 3' karangan Mahran Mahir Utsman.

Tapi doa juga mesti dibarengi dengan usaha yang gigih agar keinginan segera terkabul. Namun ada tiga macam doa yang pasti diterima oleh Allah, artinya doa dari orang-orang ini tak pernah ditolak. Berikut rangkumannya seperti dikutip dari buku 'Serba 3' karangan Mahran Mahir Utsman.

1. Doa orang tua

Doa orang tua memang paling mustajab. Setiap ucapan mereka adalah doa. Sehingga semua doa yang dipanjatkan oleh orang tua pasti akan dikabulkan oleh Allah, entah itu baik maupun buruk. Maka berbaktilah kepada mereka agar senantiasa mendapat ridha dan doa terbaiknya.

Sabda Rasullullah "Jangan kamu berdoa kepada Allah untuk keburukan diri kamu, atau berdoa untuk keburukan anak-anak kamu, atau berdoa untuk para pembantu kamu atau beroda untuk keburukan harta benda kamu, janganlah kamu berdoa kepada Allah dengan sesuatu permohonan (yang buruk) pada saat mustajab (yakni yang memungkinkan bagi doa itu untuk dikabulkan) sehingga Allah mengabulkan doa dan permohonan kamu." (HR. Muslim).

2. Doa musafir

Doa orang yang tengah dalam perjalanan jauh (musafir) tidak pernah ditolak oleh Allah. Hal itu karena musafir mampu mengendalikan diri atau nafsu.

Dalam perjalanan musafir menanggung berbagai kesulitan. Maka hanya orang-orang tertentu yang mampu melewati kesulitan tersebut. Dengan begitu doa orang musafir pun mudah diterima Allah.

3. Doa orang yang teraniaya

Allah SWT tak pernah menolak doa orang yang teraniaya. Biasanya orang teraniaya yang diperlakukan secara tidak adil. Baik itu secara verbal maupun non verbal.

Seperti dalam sebuah riwayat hadist Bukhari dan Muslim dikisahkan ketika Sa'd bin Abi Waqqasah difitnah oleh seorang laki-laki bernama Usamah bin Qatadah. Salah satu fitnah yang datang kepada Sa'd adalah dibilang bahwa tak pernah menghukum perkara dengan adil.

Mendengar fitnah itu, Sa'd beroda agar Usamah diberi umur panjang namun dengan kehidupan yang miskin dan serba kekurangan. "Aku adalah seorang tua renta yang tertimpa bencana karena doa Sa'd," kata Usamah saat ditanya kabar oleh tetangga.

Berikut ini hadist yang menerangkan tiga macam doa yang tak pernah ditolak, "Tiga macam doa yang dikabulkan (oleh Allah SWT) dan tidka ada keraguan di dalamnya (yakni dalam hal dikabulkannya doa tersebut); doa orang tua, doa orang yang sedang bepergian dan doa orang yang teraniaya". (HR Ahmad, at Tirmidzi, Abu Dawud dan Ibnu Majah).



merdeka.com

Loading...
BERITA LAINNYA
Google Percepat Penutupan Layanan Google+
Selasa, 11 Desember 2018 | 10:33
Renault Launching Mobil Rp100 Jutaan Tahun Depan
Jumat, 07 Desember 2018 | 14:59
Lafaz Allah di Atas Langit Reuni 212 Bikin Geger
Minggu, 02 Desember 2018 | 21:57
BERIKAN KOMENTAR
Top