Ternyata Jalan Beton Bisa Memperpendek Umur Ban

Senin, 09 April 2018 | 21:11
Foto int
RIAUGREEN.COM - Ban menjadi komponen penting dalam kendaraan bermotor. Karena ban yang kontak langsung ke permukaan jalan. 

Untuk itu, komponen karet hitam tersebut harus diperhatikan kondisinya. Jangan sampai ban melebihi batas pemakaiannya.

Diberitkan di Laman detik.com, Bambang Hermanuhadi Manager Training Dunlop Indonesia mengatakan, umur ban sebenarnya tidak bisa diukur menggunakan waktu. Umur ban bisa diukur menggunakan total pemakaiannya. Dalam hal ini dihitung menggunakan kilometer yang sudah ditempuh.

"Karena kalau dipakainya pendek bisa lama. Kalau bicara kilometer, ban pada umumnya bisa 70.000-80.000 km. Untuk pemakaian normal sehari 20-30 km, kira-kira pemakaian 3-4 tahun," kata Bambang saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat, kemarin.

Meski begitu, kondisi jalan yang sering dilewati juga bisa mempengaruhi umur ban. Misalnya, kendaraan lebih sering melewati jalan beton, maka umur ban semakin pendek.

"Jalan beton itu daya gesek terhadap karet sangat tinggi. Jadi biasanya pakai jalan aspal 70.000-80.000 masuk jalan beton, bisa berkurang lagi. Cuma memang (jalan beton) menghasilakan daya pengereman lebih baik daripada jalan aspal biasa. Karena daya geseknya lebih besar," kata Bambang. (*/rdk)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top