Penelitian Ungkap Cuci Piring Bisa Kurangi Stress

Kamis, 12 Oktober 2017 | 14:29
Ilustrasi@net
RIAUGREEN.COM - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres dan beban pikiran. Tidak mesti mengeluarkan banyak uang, ternyata bisa dilakukan dengan cara mencuci piring.

Ya, sebuah penelitian terbaru menunjukkan mencuci piring dapat menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Penelitian ini melihat apakah mencuci piring dapat digunakan sebagai praktik kontemplatif informal guna meningkatkan kesadaran.

Salah satu penulis penelitian, Adam Hanley dari Florida State University, Amerika Serikat mengungkapkan dirinya tertarik pada bagaimana aktivitas sehari-hari dapat digunakan untuk kesehatan raga dan pikiran, serta dapat meningkatkan kesejahteraan secara menyeluruh. Penelitian ini pun melibatkan 51 siswa.

Dilansir NDTV, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mencuci piring dapat membantu memusatkan perhatian pada bau sabun, dingin atau hangatnya air yang mengalir, dan setiap unsur dari piring, serta gelas yang mereka cuci.

Hasilnya, sebanyak 27% dari siswa tersebut mengaku bahwa rasa gugup secara perlahan hilang dan masalah mental ikut menurun.

"Bila peserta melakukan itu dengan penuh perhatian, kesadaran, dan pengaruh positif yang lebih besar, dapat mengurangi pengaruh negatif," papar peneliti itu. Demikian ditulis situs Sindonews. (*)

BERITA LAINNYA
Heboh! Ayam Beranak Bikin Geger Warga Takalar
Rabu, 18 Oktober 2017 | 15:17
Mobil Ini Bergaransi 100 Tahun! Lihat Bentuknya
Rabu, 18 Oktober 2017 | 00:11
Bimbim: Pak Anies Revolusi Cintanya Slank
Jumat, 13 Oktober 2017 | 13:32
Penelitian Ungkap Cuci Piring Bisa Kurangi Stress
Kamis, 12 Oktober 2017 | 14:29
BERIKAN KOMENTAR
Top