• Home
  • Dunia
  • Gelombang Panas Tewaskan Ratusan Orang, Warga Padati Pusat Pendingin di British Columbia

Gelombang Panas Tewaskan Ratusan Orang, Warga Padati Pusat Pendingin di British Columbia

Kamis, 01 Juli 2021 | 12:10
AFP
Pusat pendingin di British Columbia, Kanada, dipenuhi warga saat gelombang panas melanda
RIAUGREEN.COM - Warga Kanada memadati pusat-pusat pendingin di tengah terjangan gelombang panas, yang sejauh ini menewaskan ratusan orang. Korban tewas paling banyak akibat gelombang panas tercatat ada di wilayah Provinsi British Columbia.

Seperti dilansir AFP, Kamis (1/7/2021), warga dilaporkan membanjiri 25 pusat pendingin yang tersebar di Vancouver, British Columbia. Mereka memilih menghabiskan waktu dengan membaca buku atau bekerja dengan laptop di dalam ruangan yang dilengkapi pendingin udara.

"Kita pernah mengalami gelombang panas sebelumnya, tapi tidak seperti ini. Saya terkejut dengan betapa banyaknya kematian yang terjadi," tutur salah watu warga setempat bernama Lou.

"Saya tidak memiliki pendingin udara, hanya kipas angin di rumah -- saya datang ke sini hanya untuk bekerja di tempat yang sejuk," imbuhnya.

British Columbia yang merupakan provinsi paling barat di Kanada ini dilanda gelombang panas selama beberapa hari. Suhu udara yang mencetak rekor, yakni mencapai 49,5 derajat Celsius, tercatat di kota Lytton yang berjarak 3 jam perjalanan di sebelah timur laut Vancouver pada Selasa (29/6) waktu setempat.

Gelombang panas ini memakan banyak korban jiwa, dengan kepolisian setempat menyatakan bahwa jumlahnya meningkat 'setiap jamnya'. Pakar meteorologi memperingatkan bahwa suhu udara lebih ekstrem masih bisa melanda.

Dinas koroner British Columbia melaporkan sedikitnya 486 'kematian mendadak' antara Jumat (25/6) hingga Rabu (30/6) waktu setempat. Angka itu jauh lebih tinggi jika dibandingkan angka normal yang mencapai 165 kematian setiap gelombang panas melanda.

"Meskipun terlalu dini untuk mengatakan dengan pasti soal berapa banyak dari kematian ini yang terkait gelombang panas, diyakini bahwa peningkatan signifikan dalam kematian yang dilaporkan disebabkan oleh cuaca ekstrem yang melanda British Columbia dan terus mempengaruhi banyak wilayah provinsi kita," demikian pernyataan dinas koroner British Columbia.

Pakar meteorologi menyatakan bahwa cuaca ekstrem disebabkan oleh kubah panas ekstrem di atas wilayah Pasifik barat laut, yang sebenarnya merupakan fenomena musim panas biasa namun tidak pernah terjadi dengan suhu sepanas ini dan waktu seawal ini.

"Peristiwa khusus ini benar-benar konsisten dengan ilmu perubahan iklim: gelombang panas yang lebih intensif, durasi yang lebih lama, panas yang lebih ekstrem, di awal musim," sebut pakar meteorologi dari Otoritas Lingkungan Kanada, Terri Lang, kepada AFP.

"Orang-orang di komunitas meteorologi -- prakirawan cuaca dan klimatolog -- semuanya menahan napas melihat angkanya. Mengkhawatirkan," imbuhnya.***

BERITA LAINNYA
5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini
Jumat, 06 Oktober 2023 | 20:00
Usai Dikunjungi Gubri, KBRI Mesir Segera ke Riau
Senin, 19 September 2022 | 12:50
Berita Terpopuler Internasional Hari Ini
Rabu, 07 September 2022 | 19:22
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top