• Home
  • Dunia
  • Saksi Mata Ungkap Momen Mengerikan Saat Keluarga Muslim Kanada Diserang

Saksi Mata Ungkap Momen Mengerikan Saat Keluarga Muslim Kanada Diserang

Selasa, 08 Juni 2021 | 14:26
AP
Lokasi serangan truk yang menewaskan keluarga Muslim di Ontario, Kanada
RIAUGREEN.COM - Serangan truk yang menewaskan empat anggota keluarga Muslim di Ontario, Kanada, menyisakan kengerian bagi para saksi mata. Salah satu saksi melihat langsung momen saat pelaku mengemudikan kendaraannya dengan kecepatan tinggi sesaat sebelum dia menabrak keluarga Muslim yang sedang berjalan di trotoar.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (8/6/2021), Paige Martin mengakui dirinya tidak bisa berhenti memikirkan para korban. Martin sedang berhenti di lampu merah saat melihat sebuah truk pickup berukuran besar melaju melewati kendaraannya pada Minggu (6/6) malam, sekitar pukul 20.30 waktu setempat.

Dia menyebut kendaraannya bahkan sampai bergetar karena kecepatan tinggi truk itu, yang dikemudikan pelaku.

"Saya terguncang, mengira itu seorang pengemudi ugal-ugalan," tuturnya.

Beberapa menit kemudian, Martin melihat pemandangan mengerikan dan situasi kacau di persimpangan jalan dekat rumahnya. Dituturkan Martin bahwa dia melihat sejumlah orang tergeletak di atas jalanan, dengan seorang polisi tampak melakukan upaya CPR pada salah satu orang tersebut.

Martin menyebut dirinya melihat ada tiga orang lainnya yang tergeletak. Beberapa orang lainnya, sebut Martin, berdiri di trotoar dan sejumlah pengemudi keluar dari mobil mereka untuk membantu. "Saya tidak bisa suara jeritan dari kepala saya," ucapnya.

Dari apartemennya, Martin menyatakan dirinya bisa melihat lokasi kejadian dan menyaksikan momen saat polisi meletakkan kain di atas salah satu korban tewas pada tengah malam. "Hati saya hancur untuk mereka," ujar Martin.

Serangan truk itu menewaskan empat orang yang diidentifikasi sebagai Salman Afzal (46), Madiha (44) yang merupakan istri Afzal, dan Yumna (15) yang merupakan putri keduanya, serta seorang nenek berusia 74 tahun. Semua korban tewas masih satu keluarga.

Seorang bocah laki-laki berusia 9 tahun bernama Fayez berhasil selamat, namun mengalami luka serius dan kini dirawat di rumah sakit.

Sebuah halaman penggalangan dana untuk keluarga itu menyebut sang ayah atau Afzal merupakan pakar fisioterapi, dengan istrinya tengah kuliah untuk gelar PhD jurusan teknik sipil di Western University di London, Ontario. Putri keduanya baru naik dari kelas sembilan dan sang nenek merupakan 'pilar' keluarga itu.

Zahid Khan yang merupakan kerabat dari keluarga itu menuturkan bahwa keluarga itu berimigrasi dari Pakistan sekitar 14 tahun lalu dan menjadi anggota yang sangat berdedikasi serta dermawan untuk Masjid Muslim London di Ontario.

"Mereka hanya keluar untuk jalan-jalan yang biasa mereka lakukan setiap harinya," tutur Khan yang tak kuasa menahan air mata di lokasi kejadian.

Seorang warga setempat, Qazi Khalil, menuturkan dirinya terkait kali melihat keluarga Afzal pergi berjalan-jalan malam bersama pada Kamis (3/6) lalu. "Ini sungguh menghancurkan saya dari dalam. Saya benar-benar tidak bisa menerima bahwa mereka tidak lagi ada di sini," ucapnya.

Pelaku penyerangan, yang diidentifikasi bernama Nathaniel Veltman (20), telah ditahan dan menghadapi empat dakwaan pembunuhan tingkat pertama. Veltman disebut tidak mengenal para korbannya. Kepolisian Kanada menyebut para korban sengaja ditargetkan karena mereka Muslim.

Wali Kota London, Ed Holder, menyebutnya sebagai 'pembunuhan massal terhadap Muslim'.(detik.com)

BERITA LAINNYA
5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini
Jumat, 06 Oktober 2023 | 20:00
Usai Dikunjungi Gubri, KBRI Mesir Segera ke Riau
Senin, 19 September 2022 | 12:50
Berita Terpopuler Internasional Hari Ini
Rabu, 07 September 2022 | 19:22
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top