• Home
  • Dunia
  • Erdogan, Merkel, hingga Macron Beri Selamat ke Joe Biden

Erdogan, Merkel, hingga Macron Beri Selamat ke Joe Biden

Rabu, 11 November 2020 | 11:57
AFP
Sejumlah pemimpin negara Eropa mengucapkan selamat kepada Joe Biden yang telah menang dalam Pilpres AS 2020. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberi selamat kepada Joe Biden yang menang dalam Pilpres AS.
RIAUGREEN.COM  -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberi selamat kepada Joe Biden atas kemenangannya dalam pemilihan presiden AS. Erdogan berharap hubungan antara AS dengan Turki bisa lebih erat.

"Saya mengucapkan selamat kepada Anda atas keberhasilan pemilihan Anda dan menyampaikan keinginan tulus saya untuk perdamaian dan kesejahteraan rakyat AS," kata Erdogan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh kantornya, dilansir dari AFP, Rabu (11/11).

Erdogan mengatakan tantangan yang dihadapi dunia saat ini, baik di tingkat global maupun regional, menuntut kerja sama berdasarkan pada kepentingan dan nilai-nilai kebersamaan.

"Tantangan yang kita hadapi saat ini, di tingkat global dan regional, menuntut kita untuk lebih mengembangkan dan memperkuat hubungan tersebut, yang didasarkan pada kepentingan dan nilai-nilai bersama," kata Erdogan.

Melansir CNN, Erdogan juga berterima kasih kepada Donald Trump. Menurut Erdogan, persahabatannya dengan Trump terjalin sangat hangat.

"Tidak peduli bagaimana hasil resmi pemilihan umum disertifikasi, saya berterima kasih atas visi Anda yang tulus dan teguh untuk pengembangan hubungan Turki-AS," ujarnya.

Selain Erdogan, Kanselir Jerman Angela Merkel juga memberikan selamat kepada Biden lewat sambungan telepon. Merkel berharap kerja sama antara Jerman dan AS terjalin erat dan saling percaya.

"Kanselir dan Biden sepakat bahwa hubungan transatlantik sangat penting karena banyaknya tantangan global," kata juru bicara kanselir Jerman Steffen Seibert dikutip dari CNN.

Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Irlandia Micheál Martin juga memberikan selamat kepada Biden melalui sambungan telepon. Macron mengaku ingin bekerja sama dengan Biden dalam masalah perubahan iklim, kesehatan, perang melawan terorisme dan pembelaan hak-hak fundamental.

Berdasarkan hasil CNN Projection, Biden akan menjadi presiden ke-46 AS, setelah kemenangan di negara bagian tempat ia dilahirkan menempatkannya atas 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk menang.

Biden sekarang memiliki total 279 suara elektoral dengan Donald Trump meraih 214 suara.

Sementara itu beberapa pemimpin negara masih belum mengucapkan selamat kepada Biden sampai ada hasil final, seperti Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden China Xi Jinping, dan Presiden Brasil Jair Bolsonaro.***

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top