• Home
  • Dunia
  • WNI Cerita Sepinya Kota Wuhan di China yang Diisolasi karena Virus Corona

WNI Cerita Sepinya Kota Wuhan di China yang Diisolasi karena Virus Corona

Jumat, 24 Januari 2020 | 15:52
RIAUGREEN.COM - Seorang warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Kota Wuhan, China, membagikan ceritanya tinggal di kota yang saat ini diisolasi akibat virus corona. WNI bernama Rio Alfi itu memperlihatkan suasana Kota Wuhan yang sepi dalam vlog pribadinya.

Rio adalah mahasiswa S2 asal Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di China University of Geosciences Wuhan jurusan Applied Psychology. detikcom telah mengkonfirmasi ke Rio untuk memberitakan vlognya ini.

Dilihat detikcom, Jumat (24/1/2020), Rio mengawali vlognya dengan mengabarkan dirinya masih berada di Kota Wuhan dan belum bisa kembali ke Indonesia. Rio tampak mengenakan masker.

"Saat ini saya masih berada di Kota Wuhan, belum bisa balik ke Indonesia. Saya ingin melaporkan bahwa di Wuhan ada virus corona. Jadi keadaan di Wuhan sekarang agak gimana gitu ya," ujar Rio.

Dalam vlognya, Rio tampak berkeliling Kota Wuhan mengendarai motor listrik. Rio lalu menunjukkan situasi di jalanan Kota Wuhan yang tampak sepi karena transportasi umum di kota tersebut sudah dihentikan dua hari terakhir.

"Karena transportasi umum sudah dihentikan dari kemarin, baik itu bus, subway, kereta api, semuanya dihentikan. Jadi ini jalanan terlihat kosong, karena mungkin bertepatan juga dengan libur musim dingin, libur tahun baru China. Jadi beginilah keadaan di Wuhan saat ini, juga terkait dengan virus corona yang ada di Wuhan," ujarnya.

Tampak pejalan kaki, pesepada, dan petugas kebersihan yang tengah beraktivitas. Semua orang itu terlihat mengenakan masker yang disebut Rio sesuai dengan anjuran pemerintah Kota Wuhan.

Rio juga memperlihatkan sejumlah petugas tengah menyemprot jalanan di kota tersebut dengan air. Selain itu, petugas berseragam khusus tampak membawa tabung dan menyemprotkan desinfektan di jalanan Kota Wuhan. Pemerintah setempat juga menganjurkan warganya mempunyai stok makanan agar tak sering keluar rumah.

"Dari berita yang saya baca, kita harus stok makanan di rumah. Jadi untuk menghindari keluar, kita harus stok makanan. Kota Wuhan sekarang sudah mulai diisolasi, tidak bisa keluar dari Wuhan maupun masuk ke Wuhan," kata Rio.

Dalam vlognya, Rio tampak menuju ke supermarket dan sepanjang jalan tampak sejumlah warga yang beraktivitas. Ia juga sempat masuk ke lingkungan kampusnya dengan terlebih dulu melewati pengecekan suhu tubuh oleh petugas yang berada di gerbang masuk kampus.

Menurut Rio, bahan kebutuhan pokok masih bisa didapatkan meskipun harganya mahal. Pemerintah setempat juga masih terus melakukan penanganan terhadap penyebaran virus corona.

"Sejauh ini virusnya masih dalam penanganan pemerintah setempat. Penanganan dengan baik. Untuk bahan kebutuhan pokok masih bisa didapat, akan tetapi agak mahal," kata Rio.

Rio menyebut ada sekitar 93 mahasiswa asal Indonesia yang masih berada di Wuhan. Ia pun berpesan agar rekan-rekannya selalu menjaga kebersihan dan menghindari tempat-tempat ramai.

"Mohon doanya temen-temen, semoga kami di sini sehat walafiat, terhindar dari virus. Dan untuk teman-teman yang masih berada di Wuhan, tetap jaga kesehatan, jangan sampai kedinginan, jaga kebersihan, sehat selalu," pungkasnya.(detik.com)

Loading...
BERITA LAINNYA
Rusuh di Penjara Honduras, 18 Orang Tewas
Senin, 23 Desember 2019 | 10:50
BERIKAN KOMENTAR
Top