• Home
  • Dunia
  • 11 Ekor Gajah Liar Ditemukan Mati Terjatuh dari Air Terjun

11 Ekor Gajah Liar Ditemukan Mati Terjatuh dari Air Terjun

Rabu, 09 Oktober 2019 | 08:08
AFP / PANUPONG CHANGCHAI
Satu dari dua ekor gajah yang dipastikan selamat setelah menyeberangi tebing air terjun di Taman Nasional Khao Yai, Thailand.
BANGKOK, RIAUGREEN.COM - Total sebanyak 11 ekor gajah liar ditemukan mati di dasar tebing air terjun di Thailand, termasuk tiga ekor yang masih kecil. Insiden jatuhnya gajah dari puncak air terjun itu terjadi di kawasan konservasi satwa liar di Taman Nasional Khao Yai, Thailand. 

Kecelakaan itu pertama kali diketahui pada Sabtu (5/10/2019) lalu, dengan enam ekor gajah yang ditemukan sudah mati di dasar air terjun. 

Namun melalui upaya pengamatan menggunakan perangkat drone, pada Selasa (8/10/2019), kembali ditemukan lima jasad gajah liar lainnya, sehingga total ada 11 ekor gajah liar yang mati. 

Hanya dua ekor gajah yang berhasil diselamatkan dari kawanan yang sempat terjebak di tebing jurang air terjun Haew Narok, yang memiliki ketinggian 200 meter, di taman nasional pegunungan timur laut Thailand tersebut.

 Insiden ini mengingatkan kembali kejadian serupa, juga di taman nasional yang sama pada 1992, yang menewaskan delapan ekor gajah liar. 

"Gajah-gajah itu diduga sedang mencoba menyeberangi sungai di puncak tebing. Namun arus air yang terlalu kuat menyapu mereka hingga ke tepi air terjun," kata pejabat dari Departemen Taman Nasional, Margasatwa, dan Konservasi Tumbuhan, dalam pernyataannya, dikutip Reuters. 

Petugas margasatwa mengirimkan drone ke kawasan tersebut untuk melakukan penyelidikan lantaran medan yang terlalu berat untuk didaki secara langsung. 

"Kami menerbangkan drone pada ketinggian 15 meter di atas tanah karena kami tidak bisa berjalan untuk mengonfirmasi kematian gajah-gajah tersebut," kata gubernur provinsi Nakhorn Nayok, Nattapong Sirichanam, kepada wartawan. 
Hasil analisis rekaman video yang diambil menggunakan drone mengidentifikasi adanya lima bangkai gajah lainnya selain enam ekor yang telah ditemukan sebelumnya. 

"Kami berasumsi ada 13 ekor gajah dalam kawanan ini dan dua dari mereka selamat. Kami 100 persen yakin bahwa dua dari mereka masih hidup karena para pejabat melihat mereka pergi mencari makanan di sekitar area air terjun Haew Narok," lanjut Nattapong. 

Thailand hanya memiliki sekitar 3.500 hingga 3.700 gajah liar yang tersisa secara nasional, menurut data Departemen Taman Nasional, Margasatwa dan Konservasi Tumbuhan. 

Taman Nasional Kao Yai seluas 2.000 kilometer persegi diyakini menjadi rumah bagi sekitar 300 gajah liar dan juga satwa liar lainnya.

Kini, setelah terjadi dua insiden besar terjadi di sana, Nattapong mengatakan, pejabat konservasi tengah membahas tentang membangun jalan setapak di atas air terjun atau solusi lainnya. 

"Kami akan berusaha mencari cara untuk mencegah tragedi semacam ini terjadi lagi," katanya.(kompascom)

Loading...
BERITA LAINNYA
Kabut Asap Kian Parah, Malaysia Tutup 145 Sekolah
Selasa, 17 September 2019 | 13:23
Luar Bisa, Nenek 73 Tahun Lahirkan Bayi Kembar
Senin, 09 September 2019 | 12:23
Google Maps Kombinasikan Rute Bus dan "Ojek"
Rabu, 28 Agustus 2019 | 11:48
Tanker Meledak, 71 Orang Tewas Mengenaskan
Senin, 12 Agustus 2019 | 20:39
BERIKAN KOMENTAR
Top