• Home
  • Dunia
  • Jembatan di Taiwan Runtuh, Tujuh Warga Negara Indonesia Jadi Korban

Jembatan di Taiwan Runtuh, Tujuh Warga Negara Indonesia Jadi Korban

Dua WNI Tewas Akibat Jembatan Ambruk di Taiwan
Rabu, 02 Oktober 2019 | 10:39
Taiwan's Coast Guard / ASSOCIATED PRESS
Jembatan yang roboh di Nanfangao, Taiwan.
RIAUGREEN.COM - Musibah runtuhnya sebuah jembatan di Kota Nanfang'ao, Yilan, Taiwan, pada Selasa pagi mengakibatkan tujuh WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) menjadi korban.

Jembatan yang terletak 62 kilometer di sebelah utara Taipeh tersebut runtuh dan menimpa tiga kapal penangkap ikan.

"KDEI Taipei telah mengirimkan tim ke lokasi kejadian dan mendapat informasi terdapat empat WNI ABK yang mengalami luka-luka dan tiga WNI ABK yang hilang, diduga terjebak diantara reruntuhan," kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha dalam pesan singkatnya, Selasa malam.

KDEI Taipei terus memberikan bantuan kepada para WNI yang terluka dan berkoordinasi dengan otoritas setempat untuk pencarian korban WNI yang masih hilang.

Sebelumnya, satu jembatan yang menghubungkan kawasan teluk Nanfangao di sebelah timur Taiwan pada Selasa (1/10) ambruk dan melukai setidaknya 12 orang, termasuk tiga nelayan asal Indonesia.

Selain korban luka, Badan Penanggulangan Kebakaran Nasional Taiwan menyebutkan bahwa terdapat enam orang lainnya diduga masih terjebak di bawah reruntuhan jembatan dan operasi penyelamatan masih berjalan.

Rekaman yang beredar memperlihatkan detik-detik jembatan tunggal setinggi 140 meter itu runtuh dan menimpa setidaknya tiga perahu nelayan dan satu kapal tanker minyak yang sedang berlayar di bawah jembatan.

Kapal tanker yang tertimpa reruntuhan jembatan itu pun langsung terbakar.

Namun, pihak berwenang di Taiwan hingga saat ini belum mengetahui penyebab keruntuhan jembatan yang dibangun pada 1998 itu.

Menteri Perhubungan Taiwan Lin Chia-lung menyatakan bahwa penyelidikan segera dilaksanakan untuk mengetahui penyebab runtuhnya jembatan tersebut.


Empat Jasad Korban Jembatan Ambruk di Taiwan Ditemukan

Tim penyelamat Taiwan dilaporkan berhasil mengangkat empat jenazah dari bawah reruntuhan jembatan yang ambruk di kawasan Nanfangao. Namun, identitas seluruh jasad itu belum bisa diidentifikasi apakah warga Indonesia atau bukan.

Seperti dilansir AFP, Rabu (2/10), saat ini proses pencarian korban masih berlangsung. Sebab, ada dua orang yang dilaporkan masih hilang dalam kejadian itu.

Menurut dinas pemadam kebakaran setempat, keempat jenazah itu ditemukan di lokasi berbeda. Dua mayat ditemukan tenggelam di dekat kapal yang tertimpa reruntuhan jembatan.

Sedangkan dua lainnya ditemukan di dalam kapal yang hancur tertimpa jembatan.

"Kami terus mencari para korban," kata Menteri Perhubungan Taiwan, Lin Chia-lung.

Kejadian itu terekam kamera pengawas (CCTV). Kabel jembatan sepanjang 140 meter dan setinggi 18 meter itu mendadak putus dan langsung jatuh ke wilayah perairan.

Sebuah truk tangki bahan bakar yang hampir melintasi jembatan mendadak mundur dan ikut jatuh ke dalam air, dan sempat terbakar. Sebanyak tiga kapal penangkap ikan juga tertimpa.

Sebanyak 12 orang luka-luka dalam kejadian itu. Mereka terdiri dari enam warga Filipina, tiga warga Indonesia, sopir truk tangki, dan dua anggota penjaga pantai.

Sampai saat ini, pihak berwenang belum mengetahui penyebab jembatan yang dibangun pada 1998 itu runtuh. Jembatan itu menjadi simbol daerah itu dan juga beberapa kali digunakan sebagai lokasi syuting sinetron lokal.

Sejumlah warga asing yang menjadi korban bekerja di dalam industri perikanan Taiwan. Kebanyakan mereka berasal dari Filipina, Indonesia, dan Vietnam. (cnni)

Loading...
BERITA LAINNYA
Kabut Asap Kian Parah, Malaysia Tutup 145 Sekolah
Selasa, 17 September 2019 | 13:23
Luar Bisa, Nenek 73 Tahun Lahirkan Bayi Kembar
Senin, 09 September 2019 | 12:23
Google Maps Kombinasikan Rute Bus dan "Ojek"
Rabu, 28 Agustus 2019 | 11:48
Tanker Meledak, 71 Orang Tewas Mengenaskan
Senin, 12 Agustus 2019 | 20:39
BERIKAN KOMENTAR
Top