• Home
  • Dunia
  • Ini Daftar 4 Bandar Udara Arab Saudi yang Diserang Rudal Balistik

Ini Daftar 4 Bandar Udara Arab Saudi yang Diserang Rudal Balistik

Selasa, 27 Maret 2018 | 06:37
EPA/Yahya Arhab
RIAUGREEN.COM - Gerilyawan Syiah Yaman, Houthi, menembakkan beberapa rudal balistik jarak jauh ke empat bandar udara (bandara) di Arab Saudi, demikian satu pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita yang dikuasai Houthi, Saba. 

Satu rudal balistik ditembakkan ke arah Bandar Udara Internasional Raja Khaled di bagian utara ibu kota Arab Saudi, Riyadh.

Rudal kedua ditujukan ke Bandar Udara Internasional Abha di Provinsi Asir di bagian barat daya Arab Saudi. Rudal ketiga, tambah pernyataan tersebut, ditembakkan ke arah bandar udara internasional di Provinsi Jizan, bagian selatan Arab Saudi. 

Sementara itu, rudal keempat ditembakkan ke arah bandar udara regional di Provinsi Najran, bagian tenggara Arab Saudi. "Tindakan tersebut adalah reaksi terhadap instruksi dari pemimpin revolusi Abdul-Malik Al-Houthi," kata kelompok Syiah Yaman itu di dalam pernyataan tersebut.

"Serangan rudal itu juga adalah pembalasan terhadap koalisi pimpinan Arab Saudi karena menggunakan semua senjata dalam perang mereka melawan rakyat Yaman," kata kelompok tersebut menambahkan.

Kelompok yang menguasai sebagian besar provinsi Yaman Utara itu juga mengatakan bahwa petempurnya menembakkan beberapa rudal balistik lagi ke beberapa sasaran lain di Arab Saudi, tetapi tidak menyebutkan nama sasaran mereka. 

Serangan rudal tersebut dilancarkan tak lama setelah pemimpin milisi Houthi, Abdul-Malik Al-Houthi, berpidato melalui televisi untuk memperingati tahun ketiga perang antara kelompok itu dan Pemerintah Yaman yang diakui masyarakat internasional dan didukung oleh pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi. Di dalam pidatonya, Abdul-Malik berikrar akan meningkatkan serangan rudal balistik terhadap Arab Saudi.

Gerilyawan Al-Houthi telah menembakkan ratusan rudal balistik ke arah kota besar Arab Saudi, tetapi sebagian besar dicegat oleh pasukan pertahanan udara Arab Saudi. Sejauh ini, perang telah menewaskan lebih dari 10 ribu orang Yaman, kebanyakan warga sipil, dan mendorong negara Arab tersebut ke ambang kelaparan massal. (*/rdk)

Source: republika.co.id

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top