• Home
  • Dunia
  • Dua Minggu Diserang Stroke, Shimon Peres Meninggal Dunia

Dua Minggu Diserang Stroke, Shimon Peres Meninggal Dunia

Rabu, 28 September 2016 | 10:47
Shimon Peres adalah salah satu tokoh terakhir dari generasi pendiri negara Israel. Foto@AP
RiauGreen.com - Shimon Peres adalah salah satu tokoh terakhir dari generasi pendiri negara Israel.
Mantan presiden dan perdana menteri Israel, Shimon Peres, meninggal dunia pada Rabu (28/09) dalam usia 93 tahun di rumah sakit di dekat Tel Aviv, setelah terserang stroke dua pekan lalu.

Peres dua kali menjabat sebagai perdana menteri Israel dan sekali menjabat sebagai presiden.

Dia adalah salah satu tokoh terakhir dari generasi politisi Israel yang terlibat dalam kelahiran bangsa baru ini pada tahun 1948.

Dua pekan lalu Peres dilarikan ke rumah sakit setelah menderita serangan stroke. Januari lalu, Peres dua kali dilarikan ke rumah sakit akibat gangguan jantung.

Pada perawatan pertama tim dokter melakukan operasi untuk memperlebar pembuluh darah Peres.

Beberapa hari kemudian pemenang Hadiah Nobel Perdamaian ini kembali dibawa ke rumah sakit karena detak jantungnya tak beraturan.

Peres meraih hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1994 bersama mendiang pemimpin Palestina Yasser Arafat dan PM Israel Yithzak Rabin yang dibunuh ekstrimis Yahudi.
Peres adalah arsitek dari program nuklir rahasia Israel.

Untuk perannya negosiasi perjanjian perdamaian dengan Palestina yang berbuah Perjanjian Oslo 1993, Peres meraih hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1994 bersama mendiang pemimpin Palestina Yasser Arafat dan PM Israel Yithzak Rabin yang dibunuh ekstrimis Yahudi.

Hingga masa akhir hidupnya, Peres tetap sibuk dalam berbagai kegiatan publik, sebagian besar melalui lembaga non pemerintah Peres Center for Peace, yang mempromosikan hubungan yang lebih erat antara Israel dan Palestina. (source:viva.co.id)

BERITA LAINNYA
Bejat! Gadis Ini Diperkosa Masal oleh 40 Pria
Senin, 11 September 2017 | 11:20
BERIKAN KOMENTAR
Top