• Home
  • Dunia
  • Dua Ilmuwan Ini Klaim Temukan Planet Ke-9 Pengganti Pluto?

Dua Ilmuwan Ini Klaim Temukan Planet Ke-9 Pengganti Pluto?

Selasa, 26 Januari 2016 | 14:07
ilustrasi planet "Nine". (gambar internet)
RIAUGREEN.COM - Pada tahun 2006 lalu, lewat sebuah voting ilmuwan dunia mengeluarkan Pluto dari daftar planet di tata surya, menyisakan 8 planet mulai dari Merkurius sampai Neptunus. Nah, di bulan Januari ini, ilmuwan dari Caltech bernama Konstantin Batygin dan Mike Brown menemukan bukti keberadaan planet ke-9 pengganti Pluto.

Melalui serangkaian penelitian matematis dan simulasi komputer, terungkap keberadaan sebuah planet raksasa yang jaraknya 20 kali lebih jauh dari pada Neptunus. Perlu diketahui, Neptunus berjarak 4,5 miliar kilometer.

Jarak yang sangat jauh itu membuat planet yang dinamai planet 'Nine' itu butuh waktu 10.000-20.000 tahun hanya untuk sekali mengelilingi matahari.

"Ini adalah planet ke-9 yang sebenarnya. Hanya ada dua planet baru yang ditemukan sejak puluhan tahun lalu, dan planet ini (Nine) akan menjadi yang ketiga," ujar Brown.

Lebih detail, planet Nine mempunyai massa 10 kali massa Bumi, hampir sama dengan Neptunus. Planet ini juga diprediksi sebagai planet es yang dipenuhi gas, mirip dengan Uranus dan sekalilagi, Neptunus.

Apabila resmi ditemukan, planet Nine tidak diragukan lagi langsung menjadi planet ke-9 di tata surya kita, karena massanya 5000 kali Pluto. Alhasil tidak ada perdebatan soal kategori planet (kerdil atau bukan). Yang perlu dilakukan ilmuwan saat ini adalah membuktikan teori itu dan mengamati langsung langit untuk menemukan jejak planet Nine.




editor  : Hafiz
source : merdeka.com

BERITA LAINNYA
5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini
Jumat, 06 Oktober 2023 | 20:00
Usai Dikunjungi Gubri, KBRI Mesir Segera ke Riau
Senin, 19 September 2022 | 12:50
Berita Terpopuler Internasional Hari Ini
Rabu, 07 September 2022 | 19:22
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top