• Home
  • Dumai
  • Predikat Dan Indeks SPBE Pemko Dumai Tahun 2022 Baik

Predikat Dan Indeks SPBE Pemko Dumai Tahun 2022 Baik

Senin, 06 Februari 2023 | 14:38
dsk
DUMAI, RIAUGREEN.COM – Pemerintah Kota Dumai raih hasil predikat Baik dan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan nilai 2,63.

Prestasi tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan) Dumai, Drs. H. Khairil Adli, M.Si.

“Alhamdulillah, berkat doa serta dukungan bersama pihak terkait, Pemko Dumai meraih hasil predikat Baik dan Indeks SPBE peringkat 3 se-Provinsi Riau setelah Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru. Perlu kami sampaikan bahwa standar indeks SPBE nasional diangka 2,6, ini artinya Dumai telah memenuhi target,” ucapnya, Kamis (3/2/2023).

Disampaikannya, predikat baik dalam hasil evaluasi SPBE itu, tertuang pada Surat Keputusan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) RI Nomor 108 Tahun 2022 tentang hasil pemantauan SPBE pada intansi pusat dan pemerintah daerah.

”Indeks SPBE meningkat dari 2,56 pada tahun 2021 dengan predikat Cukup menjadi 2,63 pada tahun 2022 atau kategori Baik, ini menunjukkan bahwa Pemko Dumai telah memenuhi syarat-syarat yang diinginkan SPBE,” sebutnya.

Lebih lanjut Adli mengungkapkan, dari 47 indikator penilaian, Kota Dumai telah menunjukan kapabilitasnya dalam penyelenggaraan SPBE dengan menjaga suistinable layanan pemerintahan dan layanan publik.

Satu hal tantangan ke depan di dalam kebijakan SPBE adalah Insfratruktur SPBE serta Audit SPBE. 

”Sebagai upaya dalam meningkatkan indeks, tentunya kami dari Pemko Dumai akan terus berbenah dan terus melengkapi data-data yang masih kurang pada tahun sebelumnya. Tidak semata-mata banyaknya aplikasi yang dibuat, melainkan bagaimana upaya kita menciptakan sistem pemerintahan yang modern berbasis digital demi meningkatnya pelayanan kepada publik,” tuturnya.

Terakhir, dirinya mengucapkan terima kasih atas komitmen pimpinan dalam hal ini Wali Kota Dumai, H.Paisal, SKM, MARS, terhadap penyelenggaraan SPBE Kota Dumai yang merupakan implementasi perwujudan visi Wali Kota Dumai ke 4, yaitu tata kelola kepemerintahan yang baik.

”Terima kasih juga kami sampaikan kepada pihak Kemenpan RB yang telah memantau, mengevaluasi dan melakukan pendampingan agar indeks SPBE Pemko Dumai menjadi lebih baik. Insya Allah kedepan perolehan nilai indeks SPBE akan kita tingkatkan,” pungkasnya.(dsk)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top