• Home
  • Dumai
  • Kampanye Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Walikota Dumai Semarakkan Melalui Video Inovasi

Kampanye Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Walikota Dumai Semarakkan Melalui Video Inovasi

Jumat, 16 Oktober 2020 | 11:29
dsk
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2020, dengan  tema "Kebersihan Tangan Untuk Semua, Dalam Pencegahan Penularan  Virus Covid-19 dan Penyakit Menular Lainnya," Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Kesehatan melakukan kampanye cuci tangan pakai sabun (CTPS), bertempat di halaman Kantor Bersama, Jalan HR. Soebrantas. Kamis (15/10/2020).

Pada tahun ini, Pemerintah Kota Dumai mengkampanyekan CTPS dengan cara yang unik, salah satunya dengan membuat sebuah video inovasi gerakan 6 langkah CTPS, yang mana gerakan ini di prakarsai oleh Plt Dinas Kesehatan Kota Dumai, H Syahrinaldi. Kemudian dipadukan dengan lagu khas melayu berjudul Bungsu, yang dipopulerkan oleh Ketua TP PKK Kota Dumai, Hj Haslinar, ciptaan Alm Young Hamid.

Walikota Dumai, H Zulkifli AS yang hadir langsung pada kegiatan ini menyampaikan bahwa Kota Dumai selalu berkomitmen mengambil peran terutama dalam kondisi penanganan Covid-19. Semoga yang dilakukan pada hari ini akan sangat bermakna dan berarti untuk masyarakat.

H Zulkifli AS menyebutkan, kampanye cuci tangan pakai sabun (CTPS) akan dilakukan selama 1 (satu) bulan kedepan, mulai dari tingkat Kecamatan hingga tingkat Kelurahan. Beliau berharap agar pesan ini benar-benar sampai ke masyarakat, sehingga nantinya hidup sehat itu akan muncul dan mencegah kita dari berbagai penyakit, terkhususnya Covid-19 dan penyakit menular lainnya.

"Mohon doa terutama dari masyarakat Dumai, semoga masyarakat Dumai sehat selalu. Mari bersama-sama kita patuhi protokol kesehatan," harapnya.

"Selamat Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia Tahun 2020. Salam Sehat, Sehat di Mulai Dari Saya," tutupnya.

Adapun 6 langkah CTPS yang diperagakan yaitu basuhi tangan, gosok sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian. Gosok sela sela jari tangan hingga bersih. Lalu bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. Terakhir, letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan, bilas dengan air bersih dan keringkan.

Hal senada disampaikan Plt Dinas Kesehatan Kota Dumai, H Syahrinaldi, mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan, menerapkan protokol kesehatan dimana pun berada sesuai dengan anjuran Pemerintah.

"Mari bersama-sama kita berdoa, mudah-mudahan pandemi Covid-19 ini segera berakhir di Kota Dumai," ujarnya.

Turut hadir pada kegiatan ini Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Dumai, Shintia Riza, Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Dumai, Nurbeiti, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Dumai, dr Meri, Kasi Promosi Kesehatan Dinkes, Martalena, Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinkes, Suriani, dan Kepala Puskesmas se-Kota Dumai beserta Staf.(dsk)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top