• Home
  • Dumai
  • 5 Petugas Lapas Kelas II B Dumai Reaktif Covid-19

5 Petugas Lapas Kelas II B Dumai Reaktif Covid-19

Selasa, 15 September 2020 | 13:53
riaugreen.com
Rutan Kelas II B Dumai
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Sebanyak lima petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Dumai reaktif Covid-19 setelah dilakukan uji Rapid Test atau uji cepat Covid-19 di lembaga itu, Senin (14/09/2020) kemarin.

Hal ini dibenarkan oleh Juru Bicara Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai, dr Syaiful, saat dihubungi riaugreen.com, Selasa (15/09/2020).

"Dari laporan yang saya terima barusan, memang benar ada sebanyak 5 petugas Lapas II B Kota dumai yang mengalami reaktif setelah uji cepat atau rapid test," ujar Syaiful.

Syaiful mengatakan, sebelumnya pihaknya menerima permintaan dari lapas untuk melakukan rapid test kepada seluruh pegawai yang bertugas di lapas II B beserta sekitar 1000 warga binaan yang menghuni lapas itu.

"Namun karena keterbatasan untuk sementara kami hanya melakukan rapid tes hanya kepada 68 petugas lapas, dalam artian seluruh petugas, untuk warga binaan belum, hasilnya dari 68 petugas, 5 menunjukkan reaktif, sedangkan instansi yang melakukan rapid test, Dinas Kesehatan Kota Dumai dan  Puskesmas Bumi Ayu," tuturnya.

Bagi petugas yang reaktif, Syaiful mengatakan, telah dianjurkan sementara Work  From Home atau bekerja dari rumah dan melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Bagi petugas yang reaktif ini kami sarankan untuk sementara waktu work from home sebelum hasil tes lanjutan Swab tes atau PCR keluar, dan mereka ini belum boleh diklaim positif Covid-19, karena hasil rapid tes belum jadi patokan untuk disebut positif," tambahnya.

Mengingat agresifnya tingkat penyebaran Coid-19 di Dumai, dr Syaiful, menyarankan agar setiap orang dapat meningkatkan kewaspadaan perlindungan terhadap diri dan keluarganya dengan tetap memakai masker, serta mematuhi protokol kesehatan di Kota Dumai. 

Sejak berita ini dirilis, pihak lapas belum bisa untuk dikonfirmasi. (r1)

Loading...
BERITA LAINNYA
Wako Dumai Tinjau Lokasi Banjir
Senin, 28 September 2020 | 13:48
Pemko Dumai Godok Pembatasan Kegiatan Malam Hari
Senin, 21 September 2020 | 13:39
BERIKAN KOMENTAR
Top