• Home
  • Dumai
  • Peringati Hari Mangrove Sedunia, Wako Dumai Ikut Tanam 2020 Mangrove

Peringati Hari Mangrove Sedunia, Wako Dumai Ikut Tanam 2020 Mangrove

Selasa, 04 Agustus 2020 | 10:43
dsk
DUMAI, RIAUGREEN.COM Walikota Dumai H. Zulkifli AS bersama Forkopimda mengikuti kegiatan Peringatan Hari Mangrove Sedunia Tahun 2020 Tingkat Provinsi Riau yang dipusatkan di Bandar Bakau , Jalan Pemuda Laut Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai. Senin (03/08/2020).

Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-75 dan HUT Provinsi Riau Ke-63. Peringatan Hari Mangrove Sedunia Tahun 2020 mengangkat tema "Jaga Mangrove untuk Bumi Kita" yang serentak dilaksanakan pada hari ini di sembilan Provinsi Se-Sumatera.

Hari Mangrove Sedunia diperingati setiap tanggal 26 Juli, yang mana di Indonesia acara puncak peringatannya akan digelar di Provinsi Bangka Belitung pada tanggal 5 Agustus 2020 mendatang dan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.

Walikota Dumai H. Zulkifli AS dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kementrian dan Pemerintah Provinsi Riau telah mempercayakan Kota Dumai sebagai tuan rumah pelaksanaan seremonial peringatan Hari Mangrove Sedunia ini.

"Semoga melalui momentum ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tanaman mangrove bagi kehidupan," ucapnya.

Sementara itu Gubri H. Syamsuar menjelaskan, bahwa pada tahun ini peringatan Hari Mangrove dipusatkan di Kota Dumai adalah dikarenakan Dumai mengalami tingkat abrasi cukup tinggi. Apalagi Dumai termasuk daerah perbatasan ke luar negeri (Malaysia), tentu hal ini harus menjadi perhatian kita semua.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak pecinta mangrove yang ada di Kota Dumai. Saya mengharapkan kedepannya Kota Dumai menjadi icon yang dapat memotivasi masyarakat yang lain untuk peduli terhadap tanaman mangrove," jelas Gubri.

Gubri menambahkan, upaya dalam rangka mewujudkan restorasi ekosisten mangrove secara terpadu dan berkelanjutan akan terus kita lakukan. Oleh karena itu, kami menyambut baik diselenggarakannya acara penanaman serentak ini yang diharapkan sebagai bagian dari upaya untuk mengembalikan fungsi ekosistem mangrove di Provinsi Riau. "Semoga ini menjadi bagian dari kita untuk menyelamatkan negeri dan anak cucu kita", harapnya.

Peringatan Hari Mangrove diakhiri dengan penanaman secara bersama tanaman mangrove sebanyak 2020 batang.

Acara ini dihadiri Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H, S.I.K, M.H, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Inf Syech Ismed, Danlanud Marsma TNI Ronny Irianto Moningka S.T., M.M, Ketua DPRD Riau H. Indra Gunawan Eet, Ph.D, Wakil Ketua DPRD Riau Hardianto, Sekditjen Pengendalian Perubahan Iklim Novia Widyaningtyas, S.Hut, MSc, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Indragiri Rokan Ir. Tri Esti Indrarwati, MSi, Kasubdit Komunitas SDA, Ditjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Umi Rusianawati, SE, MPA, Kasubdit Pengendalian Peredaran Perbenihan, Ditjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung. (dsk)

Loading...
BERITA LAINNYA
Pemko Dumai Godok Pembatasan Kegiatan Malam Hari
Senin, 21 September 2020 | 13:39
BERIKAN KOMENTAR
Top