• Home
  • Dumai
  • Kini di Dumai 10 Orang Sudah Terinfeksi Virus Corona dari Hasil Rapid Test

Kini di Dumai 10 Orang Sudah Terinfeksi Virus Corona dari Hasil Rapid Test

Rabu, 08 April 2020 | 21:25
Foto alodokter
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Gugus tugas percepatan penanganan covid-19 di Kota Dumai mengkonfirmasi bahwa jumlah pasien yang terindikasi terpapar virus corona (Covid-19) di Dumai berdasarkan hasil rapid test sudah 10 orang.

Mirisnya, jumlah tersebut justru di dominasi oleh petugas medis khususnya yang bekerja di Pusat kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Demikian diungkapkan, juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, dr Syaiful Rabu (08/04/2020).

Diungkapkan Syaiful, kondisi ini tentu menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dimana tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas maupun di tempat praktek umum rentan terinfeksi.

"Sudah 10 orang terindikasi dari hasil rapid test, rinciannya saya belum pasti karena belum ada laporan, memang ada diantaranya beberapa tenaga kesehatan." ucapnya.

Menurutnya, tenaga kesehatan di tempat praktik maupun Puskesmas sangat rentan terpapar karena mereka berhadapan langsung dengan masyarakat yang belum jelas apakah sudah terinveksi atau masih mengalami gejala. covid-19.

"Ibaratnya kalau di RSUD itu musuhnya sudah jelas. Tetapi yang di Puskesmas lawannya belum jelas siapa. Begitulah perumpamaan pasien yang di RSUD dan di Puskesmas," sebutnya.

Oleh karenanya pemerintah, tambah Syaiful menekankan agar petugas kesehatan benar-benar mengikuti protokol yang sudah ditetapkan dalam menangani pasien ditengah kondisi seperti sekarang.

"Untuk itu mulai hari ini kami himbau kepada seluruh tenaga kesehatan untuk mengikuti protokoler penanganan medis dari pemerintah, seperti menggunakan APD." sebutnya.(grc/gi)


Loading...
BERITA LAINNYA
Hampir 2 Bulan Dirawat Pasien 01 Pulamg
Senin, 18 Mei 2020 | 11:35
BERIKAN KOMENTAR
Top