• Home
  • Dumai
  • Sebanyak 42 Peserta Ikuti Diklat Bakal Calon Kepala Sekolah

Sebanyak 42 Peserta Ikuti Diklat Bakal Calon Kepala Sekolah

Sabtu, 12 Oktober 2019 | 10:15
dsk
DUMAI, RIAUGREEN.COM– Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS, M.Si  menghadiri sekaligus membuka acara Diklat Bakal Calon Kepala Sekolah Jenjang SD dan SMP Tahun 2019 yang bertempat di Ballroom Comforta Dumai. Jum'at (11/10/2019).

Diklat Bakal Calon Kepala Sekolah Jenjang SD dan SMP ini di ikuti 42 peserta, diantaranya 25 Guru Sekolah Dasar Kota Dumai dan 17 Guru Sekolah Menengah Pertama Kota Dumai yang sebagai nara sumber dari LP2KS langsung didatangkan dari Kota Solo, Bpk. Gatot Dwi Atmadji, ST M.Pd , dan LPMP Provinsi Riau Bpk. Wisherman M.Pd.

Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS, M.Si meyampaikan bahwa peran pendidikan formal tidak sebatas memberikan pengetahuan dan keahlian kepada tiap individu. "Pendidikan juga menanamkan tata nilai yang serba luhur atau akhlak mulia, norma-norma, cita-cita, tingkah laku dan aspirasi, selalu berkaitan, baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan kepentigan pembangunan bangsa khususnya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kota Dumai." Ujarnya.

Melihat urgensinya dan kompleksnya pendidikan, maka maju mundurnya pendidikan tidak bisa hanya diletakkan pada pundak pemerintah saja. Semua stake holders pendidikan, baik dari sisi software (kurikulum dan sistem pendidikan) maupun hardware-nya (peserta didik, guru, orang tua, pemerintah, lingkungan, infrastruktur pendidikan, keluarga dan lain-lain), harus turut andil dalam proses keberlangsungan pendidikan. Sehingga pendidikan ini akan membawa hasil sesuai dengan harapan semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, orang tua, maupun orang perorang. Karena pendidikan berperan utama dalam keberlangsungan suatu bangsa dengan tingkat kemajuan pembangunan.

"Selaku Pemerintah Kota Dumai, Saya sangat apresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini, karena dengan pengetahuan dan wawasan yang semakin luas, tentunya akan juga mempengaruhi mutu sekolah yang ada dibawah kepengawasannya." Ucap H. Zulkifli AS.

Dalam sambutannya Walikota Dumai menegaskan, bahwa tugas Kepala Sekolah tidak kalah pentingnya bagi kemajuan pendidikan. Tugas pokok Kepala Sekolah adalah melakukan penilaian dan pembinaan dengan melaksanakan fungsi-fungsi supervisi, baik supervisi akademik maupun supervisi manajerial. Secara garis besar ada tiga kegiatan yang harus dilaksanakan Kepala Sekolah, antara lain :

(1).  Melakukan pembinaan pengembangan kualitas sekolah, kinerja kepala sekolah, kinerja guru, dan kinerja seluruh staf sekolah.

(2).  Melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan program sekolah beserta pengembangannya.

(3). Melakukan penilaian terhadap proses dan hasil program pengembangan sekolah secara kolaboratif dengan stake holder sekolah.

Selain itu Kepala sekolah juga mempunyai tanggung jawab melaksanakan pengawasan penyelenggaraan pendidikan di sekolah sesuai dengan penugasannya serta meningkatkan kualitas proses belajar mengajar/bimbingan dan hasil prestasi belajar/bimbingan siswa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.

H. Zulkifli, AS juga berharap agar para peserta Diklat dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga pengetahuan dan wawasan yang diterima pada Diklat Bakal Calon Kepala Sekolah ini bisa digunakan sebagai modal tambahan dalam melaksanakan tugas masing-masing.

Tampak hadir pada Diklat tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai Drs. H Sya'ari. Mp beserta Sekretaris.(dsk)

Loading...
BERITA LAINNYA
Pemko Dumai Komit Dukung Roro Dumai-Malaka
Jumat, 15 November 2019 | 14:06
Orang Tua Harus Sensitif Dan Responsif
Senin, 04 November 2019 | 20:17
Walikota Tinjau Proyek Tol Dumai-Pekanbaru
Selasa, 29 Oktober 2019 | 19:26
BERIKAN KOMENTAR
Top